Datsun Terancam ‘Disuntik Mati’ Oleh Nissan ?

RiderTua.com – Keadaan yang menimpa Nissan seakan memaksa mereka untuk melakukan restrukturisasi. Salah satu rencananya yaitu mulai menghemat biaya pengeluaran. Tapi rencana ini bisa dikatakan yang paling ‘mengancam’ Datsun dan akan berakhir dengan ‘disuntik mati’. Padahal merek mobil ini baru berjalan selama 8 tahun.

datsun go cvt 2018
(Foto: Liputan6.com) datsun go cvt 2018
Baca juga: Nissan Kicks e-Power akan Hadir di Thailand !

Rencana yang Mengancam Datsun

Rencana penghematan yang dilakukan oleh Nissan bisa menghemat hingga Rp 41,6 triliun. Walau ini belum keputusan final, tapi bisa ditebak apa yang akan terjadi pada pabrikan mobil ini setelahnya. Bahkan Nissan harus rela kehilangan salah satu divisinya kalau ini benar-benar terjadi.

Divisi yang dimaksud tak lain adalah Datsun, merek mobil murah Nissan. Sebenarnya kemunduran Datsun ini sudah lama terdeteksi sejak mereka mundur dari Indonesia. Nissan memutuskan untuk tak berjualan maupun memproduksi mobil murahnya lagi, dan itu juga berakhir dengan penghentian produksi mobil Nissan sendiri.

Laris di India, Keok di Indonesia?

Tapi Datsun punya beda nasib di India, dimana merek ini sangat terkenal disana. Bahkan mereka baru saja ingin mengenalkan model terbaru redi-Go. Penjualannya sampai sejauh ini masih baik-baik saja, bisa mencapai lebih dari 1.000 unit tiap bulannya.

(Foto: car24.com)

Bukan berarti Datsun langsung ditinggalkan begitu saja. Sepertinya Nissan akan ‘membunuhnya’ secara perlahan-lahan, walau ini masih belum dipastikan. Tapi kalau benar terjadi, maka ini akan menjadi kedua kalinya Datsun harus keok lagi.

Tak hanya Datsun, bahkan merek mewah Infiniti pun bisa juga kena imbasnya. Petinggi Nissan lebih mementingkan keuntungan dari penjualan mobil penumpang massal daripada volume maker-nya. Tapi untuk sekarang ini, nasib kedua merek ini masih terkatung-katung.

Be the first to comment

Leave a Reply