Suzuki Ertiga Mau Dapat Mesin Diesel Anyar ?

RiderTua.com – Sebenarnya Suzuki Ertiga punya varian mesin diesel. Tapi sejak mendapat perombakan di tahun 2018 lalu, mesin ini tak lagi dimasukkan dalam line-up-nya. Kini muncul kabar kalau New Ertiga akan mendapat mesin diesel terbaru. Bahkan disebut sudah punya standar emisi setara dengan Euro 6.

(Suzuki Philippines)
Baca juga: Kembaran Suzuki Vitara Brezza dari Toyota Sedang Digarap !

New Ertiga Mendapat Mesin Diesel

Sebenarnya New Ertiga sudah lebih dulu kebagian mesin diesel, tapi itu di India. Dengan spesifikasi 1.300 cc dengan transmisi manual 5 percepatan dan 1.500 cc dipadu transmisi manual 6 percepatan. Trim yang menyediakan mesin diesel biasanya yang trimnya dengan kode tengah ‘D’.

Namun mesin diesel 1.500 cc sudah tak diproduksi karena belum memenuhi standar Bharat Stage 6 (BS6) pada akhir Maret lalu. Apalagi mesin ini dibuat dari basis oleh Fiat. Sehingga Maruti Suzuki mulai mencari cara lain, yang tak lain adalah mengembangkan mesin baru.

Mesin Diesel Berstandar BS6

Salah satu netizen memposting spyshot unit Ertiga yang tengah dites di jalan. Tapi selembar kertas yang ditempel di belakang kaca mobil tertulis ‘BS6’, mengindikasikan kalau mobil ini menggunakan mesin yang sudah punya standar tersebut. Apalagi emblem dekat spion tak terlihat seperti emblem VVT yang biasanya ada pada varian mesin bensin Ertiga.

(GaadiWaadi.com)

Dari rumor yang beredar, mesin diesel anyar Ertiga memiliki kapasitas 1.500 cc, tapi dengan teknologi Smart Hybrid DDiS 225. Bahkan varian diesel 1.600 cc DDiS 320 bisa jadi diterapkan pada Ertiga. Keduanya sudah tentu memenuhi standar emisi BS6, yang setara dengan Euro 6.

Kemungkinan Ertiga Diesel 1.5 terbaru ini akan hadir paling lambat akhir tahun 2020. Indonesia mungkin masih punya peluang kebagian unitnya, mengingat Ertiga Diesel dulunya diimpor dari India. Walau sempat dipertimbangkan untuk menyediakan pilihan alternatif selain diesel hybrid, yaitu hybrid murni.

Be the first to comment

Leave a Reply