HDT M1030M1 Motor Bermesin Diesel, Berisik Kayak Traktor

RiderTua.com – Jika diam, dirinya mirip Kawasaki KLX namun jika mesin dihidupkan suaranya berisik kayak traktor. Yup, inilah HDT M1030M1 motor trail yang dibekali mesin diesel.

Baca juga: Kawasaki KLX250 dan Honda XLR Motor tempur Taktis ‘kerennnn’

HDT M1030M1 Motor Bermesin Diesel, Berisik Kayak Traktor

Motor satu ini memang unik dan dijamin enggak pasaran. Motor bermesin diesel yang berisiknya minta ampun, siapa yang punya, coba? Jarang sekali, karena kebanyakan konsumen lebih menyukai motor berbahan bakar bensin yang punya raungan lebih halus.

Pada tahun 2005, M1030M1 ini dikembangkan oleh Hayes Diversified Technologies (HDT) dari California dengan menggunakan basis Kawasaki KLR650, berdasarkan permintaan dari militer Amerika Serikat.

Kenapa militer As memilih motor bermesin diesel bukan yang lain? Alasannya, agar tak perlu membawa banyak logistik. Jadi dari motor, mobil, jip hingga tank menegak bbm yang sama. 

Satu lagi yang unik dari motor ini, tak hanya menegak solar, doi juga bisa ‘minum’ JP-8 yang merupakan bahan bakar pesawat jet. Jika tak ada solar atau JP-8, motor ini juga bisa menggunakan kerosin alias minyak tanah yang gampang didapat sebagai bahan bakarnya.

Ada kelebihan lain mengapa militer AS memilih motor bermesin diesel. Mesin diesel punya keunggulan torsi besar, hemat bahan bakar, hingga punya daya tahan dan ketangguhan lebih baik dari mesin bensin.

Namun yang namanya mesin diesel tentu saja ada kekurangannya. Yang nomor satu tentu saja raungan mesinnya yang kasar dan berisik banget. Kedua getarannya kenceng bro. Dan yang ketiga, karena ukuran mesinnya besar dan berat hal ini tentu berpengaruh pada power to weight ratio (PTWR).

Untuk diketahui, Motor ini hanya mengadopsi sasis dan transmisi dari Kawasaki KLR650. M1030M1 menggendong mesin berkapasitas 611cc, 1 silinder dan berpendingin air. Meski sebuah motor bermesin di atas 600cc namun power maksimalnya hanya 30 dk di 5700rpm. Hal ini disebabkan karakter mesin diesel memang enggak perlu putaran mesin tinggi. 

Namun kalau ngomongin keiritannya, jangan ditanya diesel juaranya. Motor ini hanya menegak 1 liter BBM untuk 40 km, jelas irit banget  mengingat mesinnya segede gaban!

Bobot motor ini mencapai 166 kg dan punya akselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,7 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 150 km/jam. 

Selain membuat versi militer, HDT juga membuat yang versi sipil yakni Kawasaki Bulldog D650-A1LE. Bulldog mempunyai tenaga yang lebih tinggi dibanding versi militer, tapi dengan konsekuensi konsumsi solar yang lebih boros.

Pada tahun 2007, HDT resmi meluncurkan Kawasaki Bulldog di Amerika Serikat. Mereka membanderolnya dengan harga yang cukup mahal waktu itu yakni sebesar $18.999 yang setara Rp 280 jutaan!

Be the first to comment

Leave a Reply