5 Pesawat Membawa Semua Perbekalan MotoGP Kembali ke Spanyol, Mudik atau Pulang Kampung Nih?

RiderTua.com – MotoGP adalah salah satu gelaran balap motor nomor wahid di dunia. Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. CEO-nya adalah Carmelo Ezpeleta dimana organisasi ini didirikan pada 27 Mei 1998, di Madrid, Spanyol dan berkantor pusat di Spanyol juga… Itu artinya Spanyol adalah “kampung halaman” MotoGP… Lima pesawat saat ini sudah mengangkut semua materi atau peralatan sirkus MotoGP dan sudah kembali di Spanyol.. MotoGP kembali ke Spanyol, mudik atau pulang kampung nih?

MotoGP Kembali ke Spanyol, Mudik atau Pulang Kampung Nih?

Satu setengah bulan setelah Seri GP Qatar di gelar, Dorna berhasil membawa kembali semua peralatan yang telah ditinggalkan tim MotoGP di Sirkuit Losail. Pada akhir tes resmi terakhir yang diadakan di sana pada 24 Februari. Motor berikut peralatannya ini akan diggunakan di grand prix pertama musim ini yang dijadwalkan pada 8 Maret.

Namun, akibat krisis kesehatan dan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah Qatar pada wisatawan yang datang dari negara-negara seperti Italia atau Jepang. Sehingga pada akhir Februari memaksa Dorna untuk menangguhkan balapan MotoGP Qatar. Sementara Moto2 dan Moto3, yang staf dan pembalapnya sudah berada di Qatar pada saat melakukan tes resmi terakhir.

Berkat bantuan dari beberapa anggota dan staf dari berbagai tim Moto2, tim Moto3 dan personel MotoGP yang telah berhasil melakukan perjalanan ke Qatar. Semua peralatan dari tim kelas MotoGP dapat dikemas dan siap untuk diangkut, meskipun pada saat itu tidak tahu kemana tujuan selanjutnya setelah Argentina dan Austin telah ditunda. Mau ke luar negeri semua balapan ditunda, mau mudik eh..pulang kampung ke Spanyol dikhawatirkan ada masalah dengan transportasi.

Sambil menunggu keputusan, Dorna menghubungi Qatar Airways dan maskapai menemukan tempat yang aman di Bandara Internasional Hamad untuk menyimpan semua peralatan MotoGP dalam hanggar otomatis. Dan ber-AC, penting untuk sebagian besar materi – terutama elektronik sepeda motor. Karena harus dilindungi dari kelembaban dan perubahan suhu lingkungan sekitar, menjaganya agar tetap aman dan terlindungi.

Ketika situasi kesehatan mulai memburuk dan kalender balap “gugur” satu demi satu. Dorna memutuskan untuk membawa semua materi atau peralatan itu kembali ke Spanyol. Tugas yang rumit mengingat permintaan untuk penerbangan kargo internasional sulit dalam kondisi krisis ini.

Proses “Pulang Kampung”

Akhirnya, Qatar Airways dapat memberikan lima penerbangan untuk memulangkan semua materi.

  • Kloter 1 atau kelompok yang pertama meninggalkan Qatar pada 1 April tujuan Zaragoza,
  • Kloter Kedua pada 8 April tujuan Zaragoza,
  • Dan Ketiga dan 10 April, juga menuju Zaragoza,
  • Keempat adalah penerbangan ke Barcelona pada 12 April menyelesaikan empat perlima dari tugas.
  • Penerbangan terakhir mendarat di Zaragoza lagi pada hari Rabu, 22 April, untuk menyelesaikan pemulangan semua peralatan. Dan menandai ‘goodbye’ nya seri Qatar 2020.

Semua peralatan yang telah tiba di negara Spanyol disimpan di fasilitas aman yang terletak di Catalonia. Sebagian alat akan tetap di Qatar hingga musim 2021 akhirnya kembali lagi. Terutama semua peralatan yang dimiliki oleh Dorna, sementara sebagian darinya akan dikembalikan ke bagian peralatan dan pabrikan yang telah meminta untuk memindahkannya ke fasilitas mereka sendiri untuk penyimpanan.

Wes jelas? Mudik apa pulang kampung tuh MotoGP kalau ke Spanyol.. gitu aja kok repot.. hehe

Be the first to comment

Leave a Reply