Tips Jadi Traveler untuk Saving Biaya Liburan yang Perlu Anda Ketahui

Tiket Pesawat Murah
Image by Jan Vašek from Pixabay

RiderTua.com – Saat musim liburan tiba, ada kemungkinan dari kita yang telah merencanakan dan menginginkan liburan ke berbagai daerah hingga ke luar negeri. Tetapi impian ini belum juga dilakukan karena masalah biaya. Namun ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat uang ketika melakukan traveling. Yang perlu kita fokuskan adalah mencari sarana akomodasi yang terjangkau: penginapan murah, biaya makan murah bahkan untuk biaya perjalanan termasuk tiket murah juga harus kita fikirkan.. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tips Jadi Traveler untuk Saving Biaya Liburan: Penginapan & Tiket Murah

Menyewa apartemen atau anda bisa menggunakan fasilitas tempat tinggal dari penduduk lokal

Tentunya anda yang melakukan traveling tidak bisa benar-benar merasakan suasana suatu kota ketika anda menginap di hotel. Jiwa dari suatu kota bisa dijumpai dari daerah-daerah dimana masyarakat lokal hidup serta bekerja. Untuk itu, pilihan menyewa apartemen hingga memakai fasilitas tempat tinggal masyarakat sekitar merupakan pilihan yang cerdas. Dengan melakukan hal ini, tentunya anda tidak hanya menghemat budget saja, tetapi juga bisa semakin membaur bersama komunitas lokal.

Tiket-Pesawat-Murah

Carilah tiket penerbangan yang terjangkau

Seringkali penerbangan memberikan penawaran tiket murah. Supaya anda bisa mengetahui informasi tiket murah, maka langkah yang paling tepat adalah dengan melakukan cek harga tiket di Traveloka. Dengan menggunakan Traveloka, maka anda akan mendapatkan jaminan aman transaksi online, memberikan hasil pencarian terlengkap, dan sebagainya. Dapatkan berbagai promo menarik yang kemungkinan saja tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Pembelian tiket pun semakin fleksibel karena tersedianya berbagai pilihan pembayaran, baik itu dari transfer ATM, Internet Banking, hingga kartu kredit.

Mencoba makanan lokal tanpa perlu ke restoran mahal

Apakah anda ingin sekali mencicipi kuliner lokal? Maka cobalah untuk mengunjungi berbagai situs yang memang memberikan informasi mengenai restoran yang menawarkan rasa yang lezat dan terjangkau yang memang tersedia di daerah penduduk. Tentunya anda tidak harus pergi ke restoran mahal agar bisa mencicipi hidangan makanan lokal. Dengan melakukan cara yang satu ini, pastinya anda bisa bertemu dengan masyarakat lokal dan bisa memperoleh informasi mengenai jenis-jenis kuliner khas yang harus dicoba.

Sebaiknya batasi atau hindari untuk membeli oleh-oleh yang dianggap kurang perlu

Seringkali para traveler mengaku jika oleh-oleh akan membuat budget traveling membengkak. Nah, apakah anda ingin mengalami hal seperti ini? Pastinya tidak, bukan? Maka dari itu, anda perlu mengevaluasi beberapa hal, dari mulai daftar penerima oleh-oleh, sampai pemilihan jenis oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Batasi jumlah oleh-oleh yang akan dibeli sesuai dengan budget yang anda miliki. Jika perlu, anda bisa hanya membeli untuk teman terdekat dan keluarga saja.

Selain itu, oleh-oleh yang dibeli gak harus mahal kok. Anda dapat membeli magnet, camilan khas, hingga gantungan kunci. Hindarilah untuk membeli oleh-oleh di tempat objek wisata karena biasanya harga yang ditawarkan akan lebih mahal. Perlu diingat juga bahwa membeli banyak oleh-oleh akan membuat anda memerlukan kuota bagasi pesawat lebih banyak juga. Pastinya anda tidak ingin bukan, biaya oleh-oleh membengkak sekaligus menambah biaya kelebihan bagasi pula? 

Lautan pasir Bromo

Tentukan waktu liburan anda sebelum maupun setelah high season

Pada dasarnya hukum permintaan dan penawaran akan selalu berlaku kapan saja dan dimana saja, termasuk juga mengenai urusan traveling. Saat hari libur atau ketika high season, tentunya selain harga-harga yang lebih mahal, ternyata ketersediaan tiket hingga penginapan juga semakin terbatas. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang terlebih dahulu telah memesannya jauh-jauh hari. Ditambah lagi dengan kepadatan yang terjadi di berbagai tempat wisata yang membuat naiknya jumlah wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Untuk anda yang tidak mengejar festival khusus atau momen-momen hari besar, maka ada baiknya jika anda bisa memilih pada tanggal-tanggal low season. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Dengan melakukan hal ini, pastinya liburan yang anda lakukan akan semakin hemat. 

Nah, diantara beberapa tips yang telah dipaparkan di atas, apakah anda sudah siap untuk mempraktikkannya? Pastikan anda sudah menyiapkan budgetnya dengan baik supaya terhindar dari utang ya! Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai tips jadi traveler untuk saving biaya liburan.

Be the first to comment

Leave a Reply