Mazda CX-5 di-Recall Karena Masalah Ini

(Foto; CarGurus)

RiderTua.com – Mobil – Beberapa saat yang lalu, Mazda CX-5 kena recall di Amerika Serikat akibat masalah pada lampu LED-nya. Meski terdengar sepele, tapi penarikan dan perbaikan terhadap mobil ini harus dilakukan. Lalu seberapa serius masalah yang ditemukan? Mazda CX-5 di-recall karena masalah ini.

(Foto: AutoMannSpares)
Baca juga: Intip Perjalanan Panjang Mazda Selama 100 Tahun

Mazda CX-5 di-Recall Karena Masalah Ini

Melansir kompas.com (13/02/2020), masalah yang ditemukan terletak pada DRL (daytime running light). Komponen pada kabel harness ke modul LED tak sesuai dengan spek yang ditetapkan oleh Mazda. Memang terdengar sepele, tapi ternyata ini bisa mengurangi performa lampu tersebut.

Jika dibiarkan begitu saja, maka gasket akan terus mengalami degradasi dan menimbulkan percikan sehingga dapat merusak sirkuit kontrol LED. Akibatnya lampu DRL tak bisa bekerja optimal atau bahkan mati total. Tentu ini membahayakan karena minimnya penerangan dari mobil bisa menimbulkan potensi kecelakaan.

Entah berapa banyak unit yang di-recall disana. Namun pihak NHTSA meminta agar pihak Mazda dapat secepatnya melakukan proses recall untuk selanjutnya diperbaiki. Unit yang ditarik adalah CX-5 tahun produksi 2016.

Tapi karena CX-5 juga dijual di Indonesia, apa akan ada recall? Mengenai itu, Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan mereka belum ingin melakukannya. Ini karena pihak prinsipal belum memutuskan rencana tersebut.

Jika sudah mendapat arahan, maka EMI akan melakukannya sesuai prosedur. Sementara untuk AS sendiri kemungkinan baru dimulai pada akhir bulan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply