Hyundai Indonesia Siapkan Produksi Mobil Listrik, Kia Ikut ?

RiderTua.com – Mobil – Beberapa bulan lalu, Hyundai akan menginvestasikan dananya di Indonesia untuk pengembangan mobil listrik. Tentu biayanya tidak sedikit, mengingat itu termasuk pembangunan pabriknya. Lalu apakah merek senegaranya, Kia, mau ikut Hyundai? Hyundai Indonesia siapkan produksi mobil listrik, Kia ikut.

Hyundai dan KIA
(Foto: Otomotif Kompas) Hyundai dan KIA
Baca juga: Hyundai Rela Keluarkan Dana Besar untuk Mobil Listrik

Hyundai Indonesia Siapkan Produksi Mobil Listrik, Kia Ikut ?

Sebenarnya Kia dan Hyundai sudah bekerja sama sejak lama. Sehingga tak heran beberapa mobilnya ada yang mirip alias mobil kembar. Memang keduanya saling berbagi platform mobil.

Sementara Hyundai sendiri sudah mulai berani berinvestasi di Indonesia. Pabrikan mobil tersebut tak tinggal diam dan mulai memfokuskan pada pengembangan kendaraan listrik. Tentu ini inovasi yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama.

Tapi apakah nanti Kia masih bisa menjalin kerja sama dengan Hyundai di Indonesia? Mungkin tidak. PT Kreta Indo Artha sendiri belum bisa memberi komentar perihal ini. Jadi sepertinya kerja sama Hyundai-Kia tersebut sebatas di luar Indonesia saja.

hyundai i10 dan kia picanto
(Foto: Bil guide) hyundai i10 dan kia picanto

Walau begitu, Kia masih bisa memanfaatkan fasilitas perakitan yang ada di Tanah Air. Karena Kreta Indo Artha bernaung dalam Indomobil Group, mereka bisa ‘meminjam’ perakitan dari beberapa merek. Mulai dari Suzuki, Hino, Nissan, Volkswagen, hingga Audi.

Berbicara soal mobil, Kia baru saja meluncurkan Seltos di Indonesia. SUV ini masih diimpor secara CBU dari India. Entah apa ada rencana untuk merakitnya secara lokal suatu saat nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply