Honda Mau Pasang Airbag untuk PCX ?

Honda_PCX_2015

RiderTua.com – Motor – Fitur airbag merupakan fitur keselamatan yang wajib ada pada mobil. Tapi kalau sepeda motor masih sangat jarang ditemukan, apalagi pada skutik biasa. Sehingga inilah kesempatan emas yang digunakan oleh Honda untuk mempersiapkan PCX dengan airbag. Honda mau pasang airbag untuk PCX.

Baca juga: Tampilan Anyar Honda PCX 150, Lebih Atraktif !

Honda Mau Pasang Airbag untuk PCX ?

Mungkin terdengar aneh kalau ada airbag untuk sepeda motor, terutama untuk skutik bongsor seperti PCX. Walau sebenarnya Honda sudah memiliki fitur ini pada Gold Wing Tour DCT. Ternyata produsen otomotif ini merasa kurang puas dan mulai menerapkannya pada model motor lainnya.

Paten airbag tersebut disebut sebagai ‘Pocket for Scooter PCX’. Tapi berbeda dengan Gold Wing, airbag PCX akan didesain sesuai dengan ukuran motornya. Bentuknya tidak akan mirip dengan Gold Wing atau airbag mobil biasanya.

Cara kerja airbag pada PCX serupa dengan airbag mobil. Yaitu dapat mendeteksi tabrakan lewat sensor yang terdapat di bodi depan. Airbag ini dapat mengembang dalam waktu 0,04 – 0,05 detik, dan mampu mengurangi cedera kepala dan dada pengendara.

Tapi sebenarnya airbag ini hanya bisa mengembang jika mendeteksi tabrakan dari depan. Artinya, tak ada sensor semacam itu di bagian belakang atau samping motor. Sehingga jika terjadi tabrakan dari sisi tersebut, maka airbag tidak akan mengembang.

Sepertinya fitur ini sudah siap untuk diproduksi massal. Walau sebenarnya Honda belum ada rencana untuk menerapkannya pada PCX, setidaknya untuk sekarang. Entah varian PCX mana yang akan kebagian fitur tersebut.

1 Comment

Leave a Reply