Tak Ada Produk Motor Bebek Baru di Sepanjang 2019

RiderTua.com – Segmen motor bebek tampaknya semakin tergerus dengan keberadaan skutik yang lagi ngehit. Tak salah jika perhatian utama berbagai pabrikan yang ada di Indonesia berpaling darinya. Padahal, sektor ini sempat menyajikan pertarungan panas pada awal 2000-an. Tak ada produk motor bebek baru di sepanjang 2019.

Baca juga : Motor Bebek Tidak Akan Punah, AHM Masih Tetap Produksi Bro !

Tak Ada Produk Motor Bebek Baru di Sepanjang 2019

Tren pasar otomotif di Indonesia kini telah bergeser. Dulu motor bebek seakan menjadi raja di antara berbagai segmen roda dua. Namun kini dirinya seakan merana karena banyak ditinggalkan sebagian penggemarnya yang beralih ke skutik.

Kepraktisan motor skutik yang enggak ribet bawaannya juga bisa mengangkut dan muat barang lebih banyak dibanding motor bebek merupakan salah satu alasan kenapa banyak konsumen yang lebih memilih memakai skutik dibanding motor bebek.

Hal ini diamini oleh Dede Hartono, selaku Area Sales Head PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM), distributor motor Honda untuk wilayah Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menuturkan

“Sebenarnya bukan skutik ini makan pasar motor bebek, tapi tren. Pembeli sekarang maunya skutik dan mereka yang membuatnya begitu. Sekarang orang sedang demam skutik.”

“Skutik sekarang enak, kalau macet nggak capek, terus ada bagasi besar. Jadi pembeli sudah tahu kebutuhan mereka, jadi jatuhnya (pilihan) ya ke skutik.”

Tak hanya ergonomis, pergeseran tren dari motor bebek ke skutik pun tak terlepas dari teknologi yang ditawarkan. Berbagai motor matic kini telah dibekali beragam fitur canggih dan kekinian, seperti USB power-socket, LED lighting, dan mesin yang lebih besar yakni 150 cc.

Semester 1

Pada semester 1 2019, berbagai pabrikan yang ada di Indonesia hanya melakukan penyegaran pada motor bebek mereka. Meskipun itu hanya menawarkan pilihan warna baru alias hanya dipoles luarnya saja.

Awal 2019, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Yamaha MX King facelift. Perubahannya tak banyak, hanya menyematkan LED headlight.

PT Astra Honda Motor (AHM) kemudian menyusul dengan menyegarkan tampilan Honda Supra X 125 FI. Motor bebek itu dibalut dengan livery chequered flag yang terkesan minimalis, namun tetap sporty.

Semester 2

Pada pertengahan tahun, tepatnya Juli 2019, PT YIMM merilis striping baru pada Yamaha Vega Force. Ada 2 pilihan warna yang ditawarkan, yakni Metallic Black dan Metallic Red.

Kemudian di September 2019, giliran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyegarkan Suzuki Satria F150. Selain warna, motor ayam jago (ayago) ini dibekali fitur baru, yakni USB charger dan alarm.

Pada bulan yang sama, PT AHM juga menghadirkan pilihan warna baru pada 2 produknya sekaligus, yakni Honda Sonic dan motor bebek super Honda Supra GTR150.

Be the first to comment

Leave a Reply