Indonesia Kembali Genjot Ekspor Mobil ke Vietnam

RiderTua.com – Mobil, Beberapa bulan lalu, Indonesia sempat mengalami kendala dalam ekspor mobil ke Vietnam. Hal ini disebabkan oleh aturan emisi yang ketat, yang membuat mobil impor dari luar Vietnam dikenakan persyaratan non-tarif. Tentu ini akan mengganggu ekspor mobil, bahkan mengancam merusak hubungan bilateral dengan Vietnam. Indonesia kembali genjot ekspor mobil ke Vietnam.

Baca juga: Dua Produsen Mobil Ini Sudah Ekspor ke Luar Indonesia

Indonesia Kembali Genjot Ekspor Mobil ke Vietnam

Namun kini masalah tersebut sudah diatasi, sehingga pemerintah Indonesia terus mendorong ekspor mobil ke negara tersebut. Kenaikannya mencapai 26,7 persen dari tahun lalu. Dan itu sudah cukup bagus.

Tercatat sepanjang bulan Januari hingga Juli 2019, ekspor mobil ke Vietnam sudah mencapai 22.557 unit. Meningkat dari tahun lalu yang mengekspor 17.798 unit mobil.

Walau begitu, sebenarnya belum sepenuhnya teratasi, karena regulasi impor dari Vietnam masih berlaku disana. Apalagi negara ini masih meragukan kriteria keselamatan mobil rakitan Indonesia. Sehingga mobil yang akan masuk ke Vietnam harus dites disana satu persatu sebelum bisa dijual.

ekspor xpander
(Foto: Autotekno- SINDOnews) ekspor Xpander

Secara rinci, Mitsubishi mencatatkan ekspor mobil ke Vietnam terbanyak dengan 8.318 unit. Xpander menjadi mobil yang cukup banyak dikirim kesana. Karena makin banyaknya permintaan, maka Mitsubishi berencana untuk membuka produksi LMPV ini di Vietnam.

Dibawah Mitsubishi ada Toyota yang mengekspor 5.272 unit. Angka ini menurun dari tahun lalu yang mencapai 7.889 unit. Selanjutnya ada Honda dengan 2.551 unit, Daihatsu 1.098 unit, dan Hino 105 unit.

Referensi: Kompas.com (30/09/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply