Inilah Fakta Menarik Tentang Bugatti, Pernah Buat Pesawat Lho !

0
Bugatti umumkan recall mobilnya
(Foto: The National)
(Foto: The National)

RiderTua.com – Semua orang pasti sudah mengenal merek mobil yang satu ini, Bugatti. Sebagai salah satu merek terkenal sedunia, Bugatti dikenal dengan model hypercar berkualitas tinggi seharga jutaan dollar. Dari Veyron, Chiron, Divo, La Voiture Noire, sampai yang terbaru, Centodieci. Inilah fakta menarik tentang Bugatti, pernah buat pesawat lho.

Baca juga: Rayakan Hari Jadi ke-110, Bugatti Kenalkan Hypercar Centodieci
Model pesawat Bugatti 100P yang tak pernah diselesaikan oleh pendirinya

Inilah Fakta Menarik Tentang Bugatti, Pernah Buat Pesawat Lho !

Dengan usia yang mencapai 110 tahun, Bugatti terus memberikan mobil berkualitas premium. Tapi tentu dengan mesin berperforma tinggi yang sanggup menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. Walau mahal, mobil barunya selalu dinanti oleh penggemar dan kolektor.

Tapi sebenarnya ada beberapa fakta menarik dibalik Bugatti. Apa saja?

Pada awal pendiriannya, Bugatti membuat mesin untuk pemerintah Prancis setelah Perang Dunia 1. Ternyata pendirinya, Ettore Bugatti, pernah merancang pesawat untuk berkompetisi di Piala Deutsche de La Muerthe. Walau akhirnya rencana tersebut batal, tapi model prototype-nya masih ada.

Bugatti memiliki kaliper rem yang dicetak 3D. Meski butuh waktu 45 jam untuk menyelesaikannya, cara ini dianggap lebih murah. Tapi hasilnya yaitu kaliper rem yang bekerja lebih baik dari model lainnya.

bugatti-veyron-indonesia
(Foto: otodriver.com) bugatti-veyron-indonesia

Bugatti sudah jadi bagian dalam Volkswagen Group sejak tahun 1998. Ini terjadi karena kondisi perusahaan yang terus menurun pada saat itu. Apalagi merek Bugatti sempat mati suri pada tahun sebelum era 1950-an.

Soal mobil, Veyron menjadi mobil yang memiliki 10 radiator, dam mungkin satu-satunya di dunia. Bugatti juga memiliki mobil termahal sedunia, yaitu tipe 57SC Atlantic seharga sekitar Rp 1,6 triliun. Kini hanya tersisa dua unit yang masih ada di dunia.

Referensi: Liputan6.com (21/09/2019)

Leave a Reply