Trik Cerdik Valentino Rossi Saingi Gaya Balap Marquez dengan Membuat Oval Flat Track Baru!

RiderTua.com – Valentino Rossi meresmikan track baru dengan model oval (Oval Flat Track) dengan ukuran kecil, berlokasi di Tavullia Motor Ranch. Peternakannya yang luas memungkinkan The Doctor membuat satu lagi trek dengan desain atau lay out lain.. Sama-sama dirt track namun berbeda karakternya. Dan jika kita jeli ada sedikit trik rahasia berlatih di dua model sirkuit tanah itu.. Dan kenapa ada hubungannya dengan Marc Marquez?.. Simak penjabaran berikut ini… Trik Cerdik Valentino Rossi Saingi Gaya Balap Marquez dengan Membuat Oval Flat Track Baru!

Trik Cerdik Valentino Rossi Saingi Gaya Balap Marquez dengan Membuat Oval Flat Track Baru!

Dirt Track Ranch Valentino Rossi

Berlokasi di Motor Ranch Valentino Rossi di Tavullia pembalap Italia meresmikan trek pacu oval baru. Januari lalu Dewan Kota Tavullia telah memberikan lampu hijau untuk perpanjangan yang diminta oleh perusahaan ‘Test Track’, yang merupakan bagian dari tanah milik Rossi. Sepertinya proses per-ijinan perluasan trek balap tidak ada masalah lagi. Dan pekerjaan dimulai beberapa minggu setelah menerima konsensus dari penguasa, mengingatnya adanya “nilai tambah” untuk wilayah tersebut.

Setelah pekerjaan selesai, saatnya Rossi meresmikan trek datar ( flat track) baru itu. Sebuah sirkuit oval ekstra kecil, berguna untuk mempelajari teknik speedway. Pengumuman ini dibuat oleh Valentino Rossi via media sosial dengan mengunggah foto yang menunjukkan dia bekerja di sebuah truk yang dikendarai oleh Alberto Tebaldi. Ada murid-murid dari VR46 Riders Academy yang ingin menguji trek baru. “Tes Pertama Oval Flat Track baru”, komentar Albi Tebaldi.

Jika kita melihat diresmikannya trek baru itu artinya akan ada dua trek dengan dua gaya berbeda untuk tempat berlatih. Tentunya adalah tempat pendederan atau penggemblengan bagi murid dari Akademi VR46. Namun karena Rossi ikut berlatih juga artinya dia juga ikut latihan di kedua jenis trek tadi…

Oval Flat Track Speedway Marc Marquez

Lima tahun yang lalu ( 2014), Manajer Marc Marquez, Emilio Alzamora berhasil membujuk masyarakat Rufea untuk membangun track oval pendek di kota itu, tidak jauh dari kota asal Marquez, Cervera di Spanyol. Desain trek untuk latihan Marc Marquez sederhana: berbentuk oval pendek  dengan dua belokan kiri. Trek itulah tempat Marquez, saudaranya Alex dan teman keluarga Tito Rabat berlatih.

Tujuan latihan dengan trek oval adalah : membiasakan merasakan perilaku motor, memahami bagaimana motor bereaksi ketika sedang meluncur ( sliding), bagaimana menggunakan power mesin untuk membantu motor menikung. Marquez melatih itu tanpa gunakan rem depan, tapi menggunakan rem belakang dan throttle ( gas) untuk membantu mengendalikan motor dan memperlambatnya untuk berbelok.

Bedanya dengan Trek Peternakan VR46 Rossi ?

Tata letak trek di peternakan VR46 Rossi jauh lebih rumit. Memiliki banyak macam belokan kiri dan kanan, dengan kecepatan dan sudut lengkung yang berbeda-beda, yang dapat digabungkan untuk menciptakan berbagai kondisi trek yang berbeda, dari pendek dan sederhana hingga tikungan panjang dan rumit.

Fokus Rossi membuat trek adalah melatih keterampilan berkendara, bukan belajar tentang duel balap. Cara mengatasi tikungan yang mengalir dan belajar tentang cara menangani motor melalui bagian-bagian yang sulit, bukan tentang cara menyerang lawan lebih ke “riding skill”.

Sedangkan di tempat Marc ( oval trek), mereka berlatih bagaimana mempertahankan kontak dengan pembalap lain. Selain belajar berkendara dengan motor balap juga belajar teknik penyerangan saling berdekatan sering mereka lakukan saat latihan…

Mau tahu Bedanya? Berikut Videonya:

 

Be the first to comment

Leave a Reply