Tragedi Meninggalnya Anthoine Hubert Membuat MotoGP Menjauh dari GP Belgia !

0

RiderTua.com – Tragedi meninggalnya Anthoine Hubert beberapa hari yang lalu di sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia, membuat MotoGP menjauh dari GP Belgia. Rencana kalender MotoGP sebenarnya akan masuk daftar di 2024 namun karena kurangnya keamanan bisa jadi batal. Beberapa bulan yang lalu berita digelarnya balap motor di sirkuit Belgia mengemuka. Di mana wakil presiden wilayah Walloon mengungkapkan bahwa mereka memasukkan rencana dengan dana melebihi 50 juta euro ( setara 780 M). Namun, setelah tragedi di trek Belgia akhir pekan ini, proyek tersebut tampaknya telah kehilangan powernya. Tragedi Meninggalnya Anthoine Hubert Membuat MotoGP Menjauh dari GP Belgia !

Tragedi Meninggalnya Anthoine Hubert Membuat MotoGP Menjauh dari GP Belgia !

Total investasi untuk sirkuit itu adalah 79,9 juta euro ( 1,2 T). Langkah yang diperlukan agar berhasil dalam negosiasi terutama untuk menyesuaikan sirkuit, yang sudah cukup usang sehubungan dengan standar keselamatan saat ini dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM).

Pemerintah menyetujui partisipasi dalam rencana investasi (dengan pinjaman dari SOGEPA) dengan tujuan ambisius untuk meramaikan gelaran balap motor terbaik di dunia bersama dengan F1 di sirkuit terbaik di dunia. Negosiasi sirkuit Belgia dengan eksekutif Dorna sudah dikonfirmasi. Apa yang disetujui pemerintah daerah adalah pinjaman 30 juta euro dari SOGEPA, sebuah perusahaan investasi dan pengelolaan dana, yang berbasis di wilayah tempat sirkuit itu berada. Spa-Francorchamps ( Belgia) menggelar balapan MotoGP untuk terakhir kalinya pada tahun 1990.

Titik terang mulai terlihat dengan ditetapkannya tahun 2024 sebagai musim kembalinya MotoGP di Belgia. Namun, kematian Anthoine Hubert di F2 akan menunda kedatangan balap motor di sirkuit ini dan bahkan mungkin menghapus impian untuk proyek masa depan itu. Meskipun demikian, CEO sirkuit Belgia, Nathalie Maillet mengkonfirmasi bahwa tikungan tidak akan berubah tetapi kerikil ( gravel)di area itu akan ditambah ketinggiannya untuk tikungan Raidillon.

“Tikungan Raidillon tidak akan terpengaruh, tapi kita akan menempatkan kerikil (gravel) lagi. Saat ini sedang dibahas di mana kerikil seharusnya dan seberapa dalam seharusnya. Apa yang terjadi ( meninggalnya Anthoine Hubert) sangat disayangkan dan mengingatkan kita bahwa tidak ada nol risiko.. Sirkuit ini selalu bekerja bersama dengan FIA untuk kepentingan keamanan. Kami sekarang akan menunggu hasil penyelidikan FIA tentang penyebab pasti kecelakaan itu.” kata Nathalie Maillet.Tragedi Meninggalnya Anthoine Hubert Membuat MotoGP Menjauh dari GP Belgia

Keselamatan sangat penting di MotoGP

Balap motor mungkin lebih berbahaya lagi jika dibandingkan mobil yang lebih melindungi pembalap. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir standart keamanan di MotoGP diperketat ( aturan Helm), karena banyaknya kecelakaan fatal di masa lalu. Sirkuit Belgia sepertinya akan mengalami kesulitan untuk kembali. Terlebih lagi dengan insiden fatal di tikungan Raidillon, yang tidak mampu menyelamatkan pembalap di gravel ( kerikil). Keikutsertaan MotoGP di Spa ( Belgia) menjadi hampir mustahil.

Artikel Terkait :

Leave a Reply