Mobil Listrik di Indonesia Wajib Punya Ban Serep ?

ban serep
ban serep

RiderTua Mobil – Pengunaan ban serep saat ini sudah berkurang. Memang ada yang menganggap membawa ban serep terkadang tidak praktis. Ban serep sudah tidak ditemukan pada kebanyakan mobil listrik. Mobil listrik di Indonesia wajib punya ban serep.

Baca juga: Ini Solusi Pengolahan Limbah Baterai Mobil Listrik di Indonesia
Run Flat Tyre (RFT)

Mobil Listrik di Indonesia Wajib Punya Ban Serep ?

Karena tidak memiliki ban serep, produsen mobil menggantinya dengan teknologi canggih. Seperti RFT (Run Flat Tire), yang memungkinkan ban tetap melaju dalam kecepatan dan jarak tertentu walau dalam keadaan kempis. Kemudian ada alat perbaikan ban yang sudah disediakan oleh produsen itu sendiri.

Sementara itu, Indonesia masih memberlakukan aturan ban serep. Aturan tersebut tertuang dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Di pasal 278, jika mobil tidak dilengkapi dengan ban serep atau peralatan lainnya, maka akan dikenakan pidana kurungan satu bulan atau dende Rp 250 ribu.

Ketua Komunitas Konsumen Indonesia, David Tobing, berharap agar produsen mobil tidak melanggar aturan tersebut. Terutama mereka yang berencana untuk menjual mobil listrik di Tanah Air.

bmw i3
(Foto: Otomotif -Liputan6.com) bmw i3

Sebenarnya tidak masalah jika ada mobil listrik di Indonesia menggunakan teknologi RFT. Tapi yang namanya aturan harus ditaati. Sepertinya ini akan menjadi pertimbangan selanjutnya bagi produsen mobil listrik di Indonesia.

Aturan ban serep sempat diributkan sebelumnya, ketika Nissan Motor Indonesia (NMI) digugat lantaran tidak menyediakan ban cadangan untuk MPV Elgrand.

Referensi: Detik.com

Be the first to comment

Leave a Reply