E-Citalo, Bus Listrik Generasi Baru Mercedes-Benz, Sekali Cas Bisa Tempuh Jakarta-Bandung !

0

RiderTua.com – Mercedes-Benz mengumumkan pada 6 Agustus lalu bahwa mereka sudah menerima pesanan dari USTRA, sistem transportasi umum di Hannover, Jerman. Berupa 48 unit bus listrik berukuran besar generasi baru, “E Mercita-Benz eCitaro”. Semuanya dilengkapi dengan gambar panda. E-Citalo, Bus Listrik Generasi Baru Mercedes-Benz, Sekali Cas Bisa Tempuh Jakarta-Bandung !

e Citalo merancang paket baterai dengan cara modular. Dengan demikian, kapasitas baterai dapat dipilih sesuai dengan jarak jelajah. Selain itu, pengenalan sistem manajemen termal terbaru secara signifikan mengurangi konsumsi energi.

E-Citalo, Bus Listrik Generasi Baru Mercedes-Benz, Sekali Cas Bisa Tempuh Jakarta-Bandung !

eCitalo dilengkapi dengan dua motor hub roda listrik di roda bagian belakang, menghasilkan output maksimum 340hp dan torsi maksimum 98,9kg/m. Baterai yang digunakan adalah ion lithium yang terdiri dari maksimal 12 modul, dengan kapasitas penyimpanan maksimum 292kWh. Dengan kapasitas itu dapat membawa hingga sekitar 75 penumpang. Daya jelajah dengan satu kali pengisian sekitar 170 km.

Dari 48 unit bus listrik “e Citalo” akan dilengkapi dengan : Active Brake Assist, Side guard assist adalah alat atau sensor yang memperingatkan pengemudi jika ada pejalan kaki atau sepeda terdeteksi di samping kendaraan saat bus besar ini belok.

Pantograf ( mirip antena biasanya ada di KRL) ini untuk pengisian daya di akhir rute. Pengisian dapat dapat dilakukan selama operasi tanpa harus masuk garasi. Sebanyak 10 paket baterai tegangan tinggi dengan kapasitas penyimpanan 243 kWh mampu disupply dari pantograf ini. Bagaimana jika Bus ini dipakai di negara kita?

 

Leave a Reply