Bukan Pembalap MotoGP Namun Peringatannya Harus Didengarkan Marquez, Rossi dan Semua Rider !

RiderTua MotoGP – Mungkin kita masih ingat rasa kecewa kita saat gelaran MotoGP tahun lalu. Tepatnya peristiwa dibatalkannya seri Silverstone pada tahun 2018. Putaran GP Inggris itu tidak layak dibuat balapan seteah diguyur hujan deras. Tahun ini sudah direnovasi dengan permukaan aspal baru. Dimana seharusnya dapat mengatasi kondisi hujan dengan lebih baik. Beberapa tikungan sudah ditinggikan, yang lain agak condong ke luar untuk mengalirkan air lebih baik. Tetapi apakah semua masalah terpecahkan?.. Bukan pembalap MotoGP namun peringatannya harus didengarkan Marquez, Rossi dan semua rider…

Adalah pembalap F1 tim Renault Daniel Ricciardo dengan yakin menyatakan bahwa bintang-bintang MotoGP akan membenci aspal baru Silverstone. Hal senada juga diungkapkan pembalap Lewis Hamilton dan Max Verstappen. Sementara itu Stuart Pringle, CEO Silverstone Circuit Ltd., meyakinkan bahwa pengerjaan aspal baru dilakukan oleh perusahaan Italia Dromo sebagai agen konsultasi, Tarmac merawat lapisan aspal baru, yang merupakan perpaduan unik dari aspal shell. Penguatnya terdiri dari campuran polimer. “Kami menciptakan banyak alasan mengapa Silverstone harus dibuat agar sesuai untuk MotoGP. Itulah komitmen kami yang menjadi komitmen kami.” kata Stuart Pringle.

Bergelombang

Namun tujuh kali juara GP Formula 1 Daniel Ricciardo tidak yakin. “Secara umum, pekerjaan yang baik telah dilakukan. Tetapi pengendara MotoGP akan membenci tempat ini. Ada trek bergelombang yang buruk di tikungan masuk Brooklands. Cukup sulit bagi pembalap MotoGP yang beroda dua. Di mobil balap saja merasakannya, dan itu tidak menyenangkan, tapi kita bisa lakukan dengannya. Tapi di atas motor?”

Terlepas dari itu, aspal baru menawarkan lebih banyak daya cengkeram. Walau untuk pertama kali masih mengalami banyak slip pada hari Jumat, karena lapisan masih mengeluarkan minyak dan cukup licin. Tetapi dengan setiap latihan bisa merasakan bahwa ada lebih banyak karet di trek dan cengkeramannya meningkat. Juara Dunia F1 Lewis Hamilton dan Max Verstappen menyatakan permukaan trek baru secara umum lebih baik. Namun di tikungan Copse masih bergelombang. Di bagian tengah lintasan air mengalir lebih baik, namun beberapa aspal bergelombang harus dihaluskan.

MotoGP akan digelar di Inggris pada 24-25 Agustus apakah kondisi lintasan yang dikeluhkan pembalap F1 akan terbukti menyulitkan pembalap MotoGP ?

Be the first to comment

Leave a Reply