Dari Benda ‘Kotak Ajaib’ Ini Bisa Keluarkan 160 Tenaga Kuda dan Berlari Hingga 270 Km/jam !

RiderTua MotoGP – Babak baru dimulai pada seri MotoGP Sachsenring, dimana dimasukkannya seri “FIM Enel MotoE World Cup”. Sebuah balapan dengan motor sport listrik merk Energica Ego Corsa. Pembalap Niki Tuuli ( tim Ajo MotoE) dinobatkan sebagai pemenang race yang berlangsung selama lima putaran. ‘Kotak Ajaib’ ini bisa keluarkan 160 Tenaga Kuda..

Pihak pabrikan Energica sendiri merasa sangat puas dengan kinerja sepeda motor yang berbobot 260 kg. “Kami benar-benar puas, terutama dalam hal performa, karena kami tidak jauh dari Moto3 saat tes di Valencia. Dan kami harus ingat bahwa pembalap kami hanya menguji beberapa jam di atas motor listrik ini. Para pembalap Moto3 mengetahui motor itu.”kata Cevolini.

Berapa kecepatan dibandingkan MotoGP ?

  • Untuk kelas MotoGP Marc Marquez (Honda) menetapkan waktu putaran terbaik nya dengan 1: 20.195 menit
  • Sementara saudaranya Alex Marquez (tim Kalex) berada di posisi terdepan di kelas Moto2 dengan catatan waktu 1: 23.585 menit.
  • Di kelas Moto3, Ayumu Sasaki (Honda) catatkan waktu putaran dengan 1: 26.135 menit.
  • Pembalap Tuuli memenangkan sesi kualifikasi (E-Pole) dengan waktu 1: 27.456 menit.

Proyek Energica dimulai pada 2010 di Grup CRP di Modena (Italia). Pada 2014 Energica Motor Company secara resmi didirikan. Lima tahun kemudian, sejarah menulis untuk pertama kalinya balapan MotoE diselenggarakan di Sachsenring

‘Kotak Ajaib’ Ini Bisa Keluarkan 160 Tenaga Kuda

Sumber tenaga motor balap itu adalah “kotak ajaib’ baterei tegangan tinggi (High Voltage) Lithium Ion sekitar 20 kWh, dengan pengisian ulang cepat ‘Fast Charge’ DC Mode 4. Kecepatan puncak dari motor balap ini adalah lebih dari  270 km/h. Power ‘mesin’ listrik berbentuk kotak ini adalah 120 kW atau setara dengan 160.9 Tenaga Kuda. Torsi nya adalah 200 Nm pada 5000 rpm..

Berikut suara lengkingan mesin balap tanpa bahan bakar bensin ini..

 

Sumber : www.energicamotor.com/motoe/#news

Be the first to comment

Leave a Reply