Marquez Ibarat Guru Lorenzo dan Rossi adalah Murid ! Kenapa Bisa Begitu ?

RiderTua MotoGP – Pasukan Yamaha dan Suzuki menunjukkan bahwa mereka bisa sangat cepat di Marquez- Land. Tetapi sebelum balapan Marquez sudah memberikan isyarat bahwa dia tidak bisa dipandang sebelah mata. Marquez masih menyimpan kecepatan dibawah 1 menit 21 detik. Kemenangan Marquez ternyata sudah diprediksi Taramasso ( Bos Michelin). Marquez masih mampu menyimpan ban lebih lama dari pembalap lain. Kemampuan ini sudah dimiliki Marc sejak di kelas Moto2. Dan hal itulah yang menjadikan Marquez mendapat perhatian khusus dari Honda. Marquez Ibarat Guru Lorenzo dan Rossi adalah Murid

Marquez Ibarat Guru Lorenzo dan Rossi adalah Murid

Karena kemampuannya yang menonjol dalam menghemat ban dan walau start dari belakang namun bisa menang. Saat berlaga di kelas MotoGP, dia tetap menunjukkan kemampuannya dalam mengelola ban. Marquez mampu pertahankan kecepatan waktu lap seperti saat kualifikasi. Marc adalah pembalap MotoGP yang mempunyai kemampuan tetapkan waktu putarannya tetap konsisten ‘paling lama’ sebelum ban drop ( habis). Marquez mampu menghemat ban jauh lebih lama daripada Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Bahkan pengamat MotoGP dan jurnalis Kevin Cameron, menyatakan dalam hal penghematan ban, Marquez ibarat guru, Lorenzo dan Rossi adalah murid…!

Bagaimana Cara Marquez Menghemat ban ?

Di sirkuit pada umumnya, lap time ( waktu satu putaran) adalah kecepatan di tikungan. Area tepi ban adalah asset berharga dimana pembalap harus pandai mengelolanya. Seperti yang dikatakan teknisi Ohlins, Jon Cornwell: “Saya menyaksikan Marquez dan Dani Pedrosa saat berada di tikungan, masuk tikungan dengan sudut kemiringan yang tinggi tapi tidak memakia sisi tepi ban. Kemudian, ketika mereka mendekati puncak tikungan ( apex), mereka rebah maksimal hingga siku menyentuh aspal. Ini adalah cara membatasi kerusakan ban, menjaga tepi ban yang rentan selama mungkin. Begitu fase menikung selesai, motor dengan segera ditegakkan dan berakselerasi, tidak ada kondisi pemakaian power mesin selama motor miring dengan memakai tepi ban.”

Dengan memakai tepian ban lebih lama saat ditikungan, maka tidak akan bisa menyelesaikan balapan….

Be the first to comment

Leave a Reply