Perbandingan Valentino Rossi dan Marc Marquez di Usia yang Sama

4

RiderTua MotoGP – Marc Marquez adalah sebuah fenomena pembalap yang sudah mendominasi sejak 2013. Pembalap yang sangat mengesankan, tidak membiarkan pembalap lain ada di depannya sedetikpun. Dia harus mengalahkannya, bahkan jika menyisakan setengah putaran sebelum melewati garis finis. Banyak yang menyatakan Marc Marquez sulit dikalahkan. Dua dekade silam ( tahun 1999) muncul fenomena serupa. Nama itu adalah Valentino Rossi, seorang pembalap yang sepertinya terlalu sulit untuk dikalahkan di era-nya. Bagaimana jika keduanya dibandingkan pada usia yang sama ?.. Perbandingan Valentino Rossi dan Marc Marquez di Usia yang Sama

Dengan berjalannya waktu dan tingkat persaingan, Valentino Rossi terlihat keteteran menghadapi gempuran pembalap muda. Marc Marquez kini berusia 26 tahun, 14 tahun lebih muda dari Valentino. Bagaimana performa Rossi saat seumuran Marquez ? ( tahun 2005)

Perbandingan Valentino Rossi dan Marc Marquez di Usia yang Sama

Selama kurun waktu 6,5 tahun di MotoGP Marquez menang seri sebanyak 49 kali dari 118 balapan. Juara dunia MotoGP 5 kali.

Selama kurun waktu 6 tahun di MotoGP Valentino Rossi menang seri sebanyak 53 kali dari 97 balapan. Juara dunia MotoGP 5 kali. Sepertinya di usia 25 tahun Rossi lebih banyak menangnya..

Dari penjelasan singkat diatas baik Rossi atau Marquez memang dua pembalap hebat di eranya masing-masing. Rossi memang bukan Peter Pan yang tidak pernah tua, tetapi usai 40 tidak mempengaruhi keinginannya untuk tetap membalap. 10 tahun yang lalu ( 1 dekade ) Rossi bisa saja memilih pensiun sebagai pemenang atau terus membalap karena hasrat nya luar biasa. Kini menang atau kalah, Rossi terlihat tetap senang dengan keputusan yang dia buat.

4 COMMENTS

  1. Gak soal mau 10 motor beda atau 1 motor. Doohan juga 1 motor aja.
    Gak penting disoalkan dan dikomparasi

  2. Keadaan motor dulu tidak seimbang antar pabrikan , jika di bandingkan sekarang, yang begitu ketat, jadi menurut saya kurang fair bila dibanding”kan,
    Kalo mengutif kata wa hj tmcblog, “setiap jaman ada orang nya, dan setiap orang ada jaman nya”

  3. Kondisi race tiap zaman ga sama, makin tambah tahun semakin diperketat persaingannya. Agostini, Hailwood, Doohan,Rossi,Marquez ..semua nya hebat.
    Tetapi melihat turunnya performa Rossi sekarang ini bkn faktor umur saja, tp juga faktor “kelembaman” penyesuaian perkembangan teknologi dan regulasi di moto gp. Ini akibat terlalu lamanya membalap, sejak 20 tahun yg lalu. Istilahnya barbar nya …salah zaman.?

Leave a Reply