Dani Pedrosa ‘Berlian Biru’ yang Terbuang, Ukuran Tubuh Kecil, Apa Itu Masalah ?


RiderTua MotoGP – Repsol Honda mendepak Dani Pedrosa dari jajaran pembalap di MotoGP musim lalu. Sebuah keputusan yang sepertinya susah untuk dipahami, melihat segudang pengalamannya. Dikutip dari motogp.com, di blog-nya Dani Pedrosa diketahui bahwa dia adalah pebalap yang suka warna biru. “Warna favoritku biru,” kata Pedrosa. Berlian biru atau dikenal sebagai blue diamond, adalah salah satu batu paling langka di dunia. Mungkin tidak salah jika ibarat Dani Pedrosa ‘Berlian Biru’ yang terbuang…

Dani Pedrosa ‘Berlian Biru’ yang Terbuang

Ukuran tubuh nan mungil Dani rupanya menjadi ‘alasan’ tim Honda saat ini untuk membebas tugaskannya. Cal Crutchlow pun meragukan dengan ukuran tubuh Pedrosa akan membawa hal positif bagi tim, bahkan jika hanya sebagai pebalap uji saja.
Dani Pedrosa memutuskan menjadi test rider KTM, karena hanya KTM yang sangat tertarik padanya. Sementara tim lamanya, Repsol Honda menyatakan Pedrosa tak layak dan kurang cocok lantaran tubuhnya terlalu mungil. Postur tubuh The Little Spaniard dikhawatirkan justru akan membuat kondisi motor tak sesuai dalam pengembangan RC213V kedepan.

KTM Bagai Mendapat Durian Runtuh

Kedatangan Dani Pedrosa dalam proyek KTM RC16 rupanya memicu banyak komentar di paddock. Ada yang berpendapat dia akan mempercepat pengembangan RC16. Namun tidak luput dari komentar miring, menganggap sebagai aksi publisitas (pemasaran) semata. Pit Beirer, direktur KTM Motorsport, akhirnya angkat bicara. Berikut klarifikasi dari Pit Beirer,

  • Dani melakukan beberapa putaran pada bulan Desember dan berkontribusi banyak pada tes itu.
  • Beberapa bagian yang dipakai musim ini berasal dari tes itu,
  • Pedrosa berada di pabrik untuk memberi penilaian terhadap para insinyur KTM. Dani memberikan informasi yang akurat tentang peralatan, apa yang dia inginkan, apa yang harus diubah. Bahkan bos KTM Motorsport, sangat terkejut dengan kedalaman perincian dari Dani.
  • Bos KTM berjanji akan memakai Pedrosa dalam jangka panjang. Dan itu bukan tindakan pemasaran.

KTM membuktikan bahwa Dani sangat berharga dan berani memberi gaji tinggi. Menjadi bagian sangat penting bagi pengembangan motor KTM RC16.

Rider MotoGP

Tubuh Dani Pedrosa Kecil, Masalah ?

Bos KTM, Beirer bahkan menyikapi tentang ukuran tubuh Dani yang mungil justru lebih banyak keuntungan daripada kerugian untuk pengembangan RC16.

“Motor harus sangat responsif dan mudah dikendalikan. Jika Anda memiliki pebalap yang beratnya mencapai 50 kg, Anda akan membuat motor yang sangat lincah.”

Keuntungan lain adalah Pedrosa merupakan pebalap KTM pertama yang tidak pernah mengendarai Yamaha. Dani paham sekali dengan mesin V4 yang sempurna dan dapat memberi tahu KTM kekuatan dan kelemahan yang perlu di kerjakan. Faktanya tim KTM merasakan perubahan dalam waktu yang singkat… Selain itu di KTM Dani bertemu dengan Mike Leitner mantan bosnya di tim Honda hingga akhir 2014.

Be the first to comment

Leave a Reply