‘Dinasti’ Isuzu Panther di Indonesia Terancam Berakhir Karena Euro 4 ?

Panther Generasi Terbaru

RiderTua Mobil – Banyak masyarakat Indonesia sudah pasti mengenal Isuzu Panther. Mobil MPV ini dikenal sebagai ‘rajanya diesel’. Panther juga berusia cukup lama dan mampu mengungguli Toyota Kijang (Innova) saat itu. ‘Dinasti’ Isuzu Panther di Indonesia terancam berakhir karena Euro 4.

Baca juga: Menolak Mati ! Nasib Isuzu Panther Belum Jelas !

‘Dinasti’ Isuzu Panther di Indonesia Terancam Berakhir Karena Euro 4 ?

Namun kini namanya sudah tidak lagi terdengar. Panther sudah tergeser oleh kehadiran jajaran mobil MPV yang lebih baik. Apalagi memiliki teknologi yang lebih canggih dari Panther.

Hal ini sudah terlihat dari penjualan Panther selama bertahun-tahun. Dari sebelumnya bisa mencapai ribuan unit per bulannya kini anjlok menjadi puluhan unit.

Alasan mengapa Panther tidak laris lagi sudah jelas, yaitu minimnya facelift. Walau Isuzu sudah memberi pembaruan, tampilannya sama sekali tidak berubah. Terakhir Panther mendapat pembaruan pada tahun 2013 lalu.

Panther Generasi Terbaru

Lalu, menyusul dengan penetapan standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel tahun 2021 mendatang, Isuzu tidak akan memperbarui Panther. Ini karena Isuzu ‘dibayangi’ biaya pengembangan mesin diesel baru yang tidak sedikit. Mengembangkan mesin baru juga akan memakan waktu lama, dan ditakutkan tidak bisa tepat waktu saat standar emisi ditetapkan di Indonesia.

Jika nanti Isuzu tidak berniat untuk menyelamatkan Panther, maka bisa dipastikan nasibnya akan berakhir. Walau Isuzu tidak menutup kemungkinan mampu membuat mesin yang lebih ekonomis untuk mobil MPV.

Referensi: DetikOto (16/06/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply