[Opini] Suzuki Cambuk Yamaha ! Pengembangan Mereka Tertinggal di MotoGP 2019

RiderTua MotoGP – Trek Mugello adalah masuk dalam kategori sirkuit berkarakter cepat. Makanan empuk buat mesin yang mempunyai top speed bengis. Di Mugello saat berada di trek lurus kita lihat Ducati menjadi raja nya berikutnya Honda. Suzuki mampu mengimbangi lap time ( waktu putaran) saat berada di lintasan berkelok-kelok, setelah di trek lurus.. Habis.. Namun yang menarik disini pada seri Italia, Suzuki cambuk Yamaha ! pengembangan mereka tertinggal di MotoGP 2019…

Suzuki Cambuk Yamaha ! Pengembangan Mereka Tertinggal di MotoGP

  1. Dari grafik atau sketsa diatas kita melihat bagaimana Yamaha menjadi mesin terkuat di tahun 2015 mengalahkan Honda bahkan Ducati. Suzuki masih dimaklumi karena merupakan tim yang baru gabung dengan mesin sama sekali baru. Honda melejit karena faktor Marquez berperan? keunggulan mesin Honda memang di serasikan dengan karakter Marquez juga. Bahkan pembalap Honda lain akui sulit menirukan gaya Spanyol itu.
  2. Tahun 2016 Yamaha mulai goyah tergeser secara konsisten oleh Honda-Marquez tapi masih unggul dari Ducati. Sementara Suzuki masih belajar namun sudah mulai menemukan “jalan benar” poinya pun meningkat dengan 208.
  3. Tahun 2017 Yamaha Stagnan alias tetap secara peringkat, tapi menurun dalam jumlah poin ( -32 poin). Ducati mulai tempel ketat… Suzuki alami penurunan poin karena salah mesin.
  4. Tahun 2018 Yamaha mulai tunjukkan tren menurun dan tergeser oleh Ducati. Suzuki meningkat dalam jumlah poin, itu artinya ada kecenderungan peningkatan prestasi mesinnya.
  5. Tahun 2019 sementara ini Yamaha jeblok dengan di peringkat 4 disalip oleh Suzuki walau masih sama dalam jumlah poin. Artinya Suzuki mulai tunjukkan taringnya.

Kenapa Yamaha dulu kuat ?

Kenapa Yamaha unggul di tahun 2015 ? Bisa jadi karena mampu menutupi kekurangan mesin inline-4 di trek lurus. Sedangkan setelahnya ( 2016-2019) tim lain termasuk Suzuki kian berkembang. Honda dan Ducati yang punya kelebihan top speed di trek lurus punya cara agar cepat di tikungan.. semakin baik. Motor dengan mesin inline jika diracik dengan benar akan bisa imbangi mesin beringas V-4. Dan di Mugello Suzuki cambuk Yamaha, pengembangan mereka tertinggal di MotoGP 2019..

Alex Rins ( Suzuki) di Mugello finis di urutan ke -4. Posisinya melonjak dari urutan ke-13 di starting-grid. Dengan mesin lembutnya dia bahkan bisa bertarung dengan Ducati dan Honda. Merangsek di posisi ketiga di lap keempat. Bahkan sempat memimpin sebentar saat bertarung dengan Dovizioso. Sebelum mundur kembali dan akui kencangnya motor mesin V-4 ditrek cepat Mugello. Gimana masbro Yamaha terbukti memang kalah dalam pengembangan atau terlena dengan kejayaan mereka dan lupa bahwa Ducati dan Honda bahkan Suzuki seperti bom waktu dan tahun ini mereka Mbledos…!

motorsport.com

Be the first to comment

Leave a Reply