Melihat Peta Persaingan di Segmen LMPV Sepanjang Tahun 2018

RiderTua Mobil – Boleh dibilang segmen LMPV menjadi segmen dengan persaingan paling panas di Indonesia. Bagaimana tidak, segmen sejuta umat ini menjadi yang favorit selama bertahun-tahun. Walau harus rela berdesakan dengan segmen lainnya. Melihat peta persaingan di segmen LMPV sepanjang tahun 2018.

Baca juga: Perlukah LMPV Seperti Avanza Memiliki Fitur Melimpah ?
(foto: mobil123.com)

Melihat Peta Persaingan di Segmen LMPV Sepanjang Tahun 2018

Sepanjang tahun ini, segmen LMPV diwarnai dengan persaingan Xpander vs Avanza. Rivalitas ini sebenarnya sudah terjadi sejak LMPV Mitsubishi ini diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Ditambah dengan kehadiran Wuling Confero, tentu menambah keseruan di segmen ini.

Walau digempur habis-habisan, Avanza sepertinya tidak tergoyahkan soal penjualan. Dari hasil data penjualan tahun 2018 oleh Gaikindo, Avanza sudah terjual sebanyak 82.167 unit. Meskipun tidak sampai 100 ribu unit, tapi angka tersebut sudah membuat Toyota puas.

Posisi kedua tentu saja ada Xpander dengan 75.075 unit. Angkanya berselisih sedikit dengan Avanza. Ini membuktikan bahwa kedua model ini memiliki persaingan yang cukup sengit di pasar otomotif Indonesia.

Posisi kelima ada Suzuki Ertiga dengan 32.592 unit terjual. Baru mendapat pembaruan di bulan April menjadi modal Ertiga untuk mendongkrak penjualannya kembali, walau berselisih sangat jauh dari Xpander. Lalu Xenia di posisi keempat dengan 29.521 unit terjual. Entah mengapa Xenia tidak bisa ‘menyusul’ saudara kembarnya.

Posisi kelima ada Mobilio yang terjual sebanyak 24.373 unit, Confero 11.062 unit, dan Livina 2.437 unit. Karena minim pembaruan, Livina mulai tertinggal, bahkan disalip Confero. Dikabarkan bahwa Livina akan mendapat pembaruan tahun ini, namun itu masih rumor.

Be the first to comment

Leave a Reply