Suzuki akan Akhiri Produksi Motor Sport Hayabusa Akhir Tahun Ini

RiderTua Motor – Nama Hayabusa mungkin sudah banyak dikenal banyak orang. Model ini menjadi salah satu andalan Suzuki dalam segmen motor sport. Sudah hampir dua dekade Hayabusa hadir di pasar motor dunia. Suzuki akan akhiri produksi motor sport Hayabusa akhir tahun ini.

Baca juga: Mobil Ini Menggunakan Mesin Sepeda Motor Suzuki Hayabusa

Tak Penuhi Standar

Namun kabar buruk datang ketika Suzuki mengumumkan akan menyuntik mati Hayabusa pada akhir tahun nanti. Hal ini dilakukan karena Hayabusa gagal memenuhi standar emisi Euro 4 dan aturan lainnya dalam EU Regulation 168/2013.

Aturan tersebut sudah ada sejak awal tahun 2016 silam. Saat itu pemerintah Eropa memberi tenggat waktu hingga akhir tahun 2018 kepada produsen otomotif untuk melakukan tes terhadap semua model yang dijual. Sayang Hayabusa tidak lolos dan hanya menanti hingga saatnya produksinya dihentikan secara penuh.

Meskipun nantinya masih akan ada stok setelah produksi dihentikan, motor yang belum berstandar Euro 4 seperti Hayabusa belum tentu bisa dijual bebas di Eropa. Ini karena sudah ada larangan kepada tenaga penjual disana untuk menjual mobil atau motor yang masih menggunakan standar dibawah Euro 4. Larangan ini akan berlaku awal tahun 2019 mendatang.

Nyatanya bukan berarti Suzuki akan meninggalkan Hayabusa begitu saja. Tahun depan akan menjadi momen 20 tahun Hayabusa, dan sepertinya Suzuki akan menyiapkan pembaruan untuk motor ini. Dikatakan pembaruan ini akan membuat Hayabusa sanggup melawan Kawasaki ZX-14R.

Sumber: Kompas.com (10/12/2018)

Be the first to comment

Leave a Reply