Brembo Kini Menjual Rem MotoGP Versi Jalan Raya, Pakem Luar Biasa ! Apa Bedanya ?

RiderTua Motor – Siapa yang tidak kenal BREMBO yang telah cukup banyak mengambil alih bagian dalam dunia penghenti laju alias rem akhir-akhir ini. Produsen ini merambah dunia balap paling bergengsi MotoGP hinggga ke balap superbike, dipakai oleh Ducati juga BMW, remnya ada di mana-mana. Brembo memang sudah terkenal kehandalannya.. Brembo kini menjual rem MotoGP versi jalan raya

Dan sekarang perusahaan yang berpusat di Bergamot telah melakukan banyak hal. Salah satunya dengan kaliper GP4-MS GP yang dijual untuk dipakai di jalan raya ini. Perangkat remj ini terbuat dari solid monobloc chappies, dengan empat piston berukuran 30mm, jadi akan melakukan fungsinya sama dengan performa buat motor balap. Brembo mengklaim ini adalah pertama kalinya mereka membangun kaliper monobloc dengan mesin dimana umumnya telah dilupakan di masa lalu. Mesin kaliper monobloc akan melentur lebih sedikit, jadi transmit lebih banyak dalam kekuatan pengereman ke dalam bantalan. Dan juga mengatasi lebih baik masalah panas. Desain radial menambah kekakuan yang lebih, dan mereka memiliki lapisan nikel yang bagus.

Apa bedanya dengan rem MotoGP

Perbedaan yang sebenarnya adalah di bagian dalam. Dimana untuk versi jalanan ada tambahan seal yang dibuat oleh perusahaan. Tujuannya adalah kaliper dapat digunakan dalam kondisi jalan yang hampir normal ( debu dan kotoran). Kaliper GP4 yang di gunakan untuk balapan tidak memiliki seal debu ini. Sehingga perlu perawatan yang ekstra hati-hati jika digunakan di jalan. Sati set yang dijual akan dilengkapi dengan sintered road/track pad, serta pin dan klip yang diperlukan untuk pemasangan. Mereka juga kompatibel dengan track track Z04 yang sudah beredar dan legendaris dari perusahaan Brembo.

Jadi beda Kaliper GP4-MS ( versi non balap) memiliki segel debu (dust seals) sehingga cocok untuk digunakan di jalan…

 

Be the first to comment

Leave a Reply