Suzuki Satria Masih Eksis Meski Digempur Skutik


ktm indonesia

All New Satria F150 - 2017 - Titan Black Red CW
All New Satria F150 - 2017 - Titan Black Red CW

RiderTua Motor – Sepeda motor underbone Suzuki Satria F150 siapa yang tak mengenalnya. Motor ini dulu sangat populer dan laris di pasaran, namun kini perlahan mulai meredup. Hal ini tentu disebabkan oleh pertumbuhan segmen skutik yang meningkat pesat. Suzuki Satria masih eksis meski digempur skutik.

Baca juga: Suzuki GSX-R150 Semakin Aman Dengan Fitur ABS

Masih Bertahan

Memang segmen skutik merajai pasar roda dua tiap tahunnya. Namun dengan adanya peningkatan ini justru malah membuat segmen lainnya menurun. Salah satunya segmen underbone, dimana Satria F150 berada.

Tidak banyak model selain Satria yang dijual di Indonesia. Penjualannya kebanyakan diatas ribuan unit, dan itu masih normal. Pada bulan Oktober lalu, Satria sudah terjual sekitar 1.500 unit dari total 10.489 unit motor Suzuki yang terjual. Tidak terjadi penurunan yang signifikan dari motor ini, hanya saja kenaikannya juga tidak terlalu tinggi.

Penjualan tertinggi masih dipegang oleh Nex II dengan 3.500 unit terjual. Kemudian GSX-R Series terjual 2.500 unit, dan Bandit 2.170 unit. Untuk penjualan di IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2018 masih belum dikonfirmasikan oleh Suzuki. Meskipun Suzuki melihat banyaknya pengunjung yang mendatangi booth produsen motor asal Jepang ini.

Adanya pergeseran tren pasar otomotif roda dua nasional ini, tentu menyebabkan terjadinya penurunan pada segmen yang dulunya sangat ikonik ini. Kini segmen skutik sudah menguasai pasar roda dua sebesar 82 persen, motor sport 9-10 persen, dan motor bebek 8-9 persen. Bisa dikatakan dengan semakin besarnya dominasi skutik di Indonesia, maka segmen lain bisa-bisa keok. Entah apakah Satria bisa bertahan atau tidak.

 

Be the first to comment

Leave a Reply