Marc Marquez Beberkan Rahasia Swingarm Karbon RC213V




RiderTua MotoGP – Sejak seri awal musim Qatar pembalap Honda Marc Marquez semakin mengandalkan swingarm karbon pada RC213V-nya. Memang pernah beberapa kali bergantian antara swingarm karbon dan aluminium pada awal tahun, namun tren sekarang sudah jelas memakai karbon. Dan sejak Brno mereka selalu memakai swingarm karbon. Dan berikut Marc Marquez beberkan rahasia swingarm karbon RC213V..

Dengan swingarm karbon Marc Marquez menang di Aragon. Namun menurut Marc hanya ada satu perbedaan kecil antara dua varian itu (Karbon & Aluminium). Swingarm karbon memiliki kerugian, antara lain jika jatuh swingarm karbon rusak dan tidak akan dapat digunakan lagi..

Marc Marquez Beberkan Rahasia Swingarm Karbon RC213V

Sementara itu Honda telah menghasilkan lebih banyak unit swingarm karbon, jadi Marc tidak perlu berhati-hati lagi walau jatuh. Selanjutnya, menurut Marquez, dalam beberapa bulan terakhir telah ditemukan bahwa swingarm karbon memiliki potensi lebih daripada rekan aluminium. Namun, masih ada sirkuit tertentu di mana dia tidak perlu karbon. Sebagai contoh, di Assen dia memakai swingarm aluminium karena itu membuat Marc merasa lebih baik. Hal itu juga tergantung pada ban. Swingarm karbon memberi  sedikit lebih banyak grip (daya cengkram) di awal, tetapi lebih banyak masalah di di akhir balapan, pembalap hanya perlu mencari tahu kapan harus menggunakan karbon atau yang aluminium. Jadi tidak selamanya Karbon lebih baik dan banyak ditentukan oleh faktor trek, jenis ban  dan lainnya.

1 Comment

Leave a Reply