Xpander Tak Mampu Goyahkan Avanza di Lampung


ktm indonesia

Toyota-Avanza-1.5X-2018-malaysia
(Foto: PaulTan) Toyota-Avanza-1.5X-2018-malaysia

RiderTua Mobil – Sejak kehadiran Xpander, posisi Avanza sebagai raja LMPV Indonesia mulai tergeser. Padahal tahta tersebut sudah dikuasainya selama beberapa tahun. Keperkasaan Xpander bahkan menggeser kedudukan Avanza di hampir semua provinsi di Indonesia. Namun Xpander tak mampu goyahkan Avanza di Lampung.

Baca juga: Target Realistis Toyota untuk Avanza, Seperti Apa?
Avanza vs xpander
Avanza vs xpander

Bertahan Berapa Lama ?

Tetapi keadaan berbeda di Provinsi Lampung, dimana Avanza masih menjadi mobil favorit masyarakat disini. Sepertinya kehadiran Xpander dengan segala kelebihannya tidak membawa pengaruh kuat di Lampung. Lalu mengapa bisa terjadi?

Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa penyebab Xpander tidak begitu populer di Lampung yaitu keterbatasan pasokan hingga persaingan harga. Euforia Avanza diyakini masih ada di sebagian besar wilayah di Sumatra, termasuk Lampung. Sehingga kedudukan Avanza masih aman di tengah gempuran Xpander.

(Foto: Detik Oto)

Mengenai persaingan harga, TAM menduga kalau harga Avanza masih cocok bagi masyarakat Lampung. Walau sebenarnya harga Xpander tidak banyak selisihnya dibanding Avanza. Tetapi image dari Avanza seperti tak bisa dialihkan begitu saja.

Dalam data penjualan mobil LMPV di Lampung, Avanza mendominasi 37 persen di segmennya. Sementara Xpander 22 persen saja. Untuk secara keseluruhan (Sumatra), Avanza meraih 54,1 persen segmen LMPV dan Xpander di awal kehadirannya hanya 2 persen saja. Tetapi karena Xpander baru hadir di Sumatra, data tersebut bisa dikatakan hanya sementara dan bisa jadi Xpander akan kembali menunjukkan tajinya terhadap Avanza seperti yang terjadi di Jawa.

 

1 Comment

Leave a Reply