Honda dan Ducati Meniru Karakter Mesin Yamaha M1


ktm indonesia

Ducati GP15 VS Honda RC213V VS Yamaha YZR-M1
RiderTua MotoGP – Dulu Yamaha memiliki kelebihan dari karakter mesinnya yang halus namun bertenaga dengan mesin inline. Namun beberapa musim berikutnya Ducati dan Honda belajar dari Yamaha dengan menjinakkan mesin MotoGP mereka. Kemudian Honda dan Ducati meniru karakter mesin Yamaha M1 yang lebih halus.

Honda dan Ducati Meniru Karakter Mesin Yamaha M1

Yamaha membuat perubahan besar setelah bergabungnya Rossi pada tahun 2004. Mereka sangat yakin dengan konsep empat silinder Inline, kemudian dikombinasikan dengan big-bang (crossplane) sistim urutan pengapian dipadu dengan counter rotating crankshaft. Dan hasilnya Yamaha sempat berjaya dengan racikan tadi.

Namun Ducati dan Honda mulai belajar dan beradaptasi mereka memadukan konsep mesin Yamaha. Mesin V4 dipadu dengan firing order big bang dan crankshaft counter-rotating. Secara alami mesin V4 akan bekerja lebih baik dibanding inline Yamaha jika segala kelemahan mesin V4 tertutupi.

Valentino Rossi Foto yamahamotogp com

Bagaimana pendapat Rossi ?

“Mungkin juga mesin (Yamaha) yang bermasalah. Kami harus mengatakan bahwa Ducati dan Honda belajar dari Yamaha, karena sudah 3-4 tahun lalu Yamaha sangat lancar… Honda dan Ducati lebih banyak menderita karena lebih agresif. Sepertinya di tahun-tahun terakhir Ducati dan Honda membuat sepeda motor mereka lebih seperti Yamaha. Tapi mereka punya mesin V, kami punya Inline-4 …. Bisa jadi (ini bagian dari masalah). Tapi saya benar-benar tidak tahu. ” jawab Rossi dilansir crash.net (11/09/18).

Be the first to comment

Leave a Reply