Eclipse Cross Mau Dibawa ke Indonesia atau Tidak, Mitsubishi?

2018-Mitsubishi-Eclipse-Cross-Crossover-SUV
2018-Mitsubishi-Eclipse-Cross-Crossover-SUV

RiderTua mobil – Salah satu mobil ‘saudara’ dari Mitsubishi Pajero Sport, Eclipse Cross, sudah mendarat di Singapura sejak Januari lalu. Mobil ini memang terlihat segagah kakaknya. Namun entah mengapa hingga sekarang Mitsubishi belum mau membawa mobil ‘gerhana’ itu ke Indonesia. Eclipse Cross mau dibawa ke Indonesia atau tidak, Mitsubishi ?

Baca juga: Eclipse Cross Mendarat di Singapura Ini Spesifikasi dan Harganya

Segmen SUV yang Menjanjikan

Eclipse Cross dikategorikan sebagai SUV, yang berarti sekelas dengan Pajero Sport atau Outlander Sport. Sementara segmen SUV sedang tumbuh subur di Indonesia layaknya segmen MPV yang ditempati Xpander. Mitsubishi Indonesia ingin membawanya ke Indonesia, tetapi harus melewati serangkaian studi terlebih dahulu.

Studi selalu dilakukan oleh produsen otomotif untuk melihat seberapa besar peluang suatu produk yang akan ditempatkan di salah satu segmen. Seperti permintaan pasar ataupun daya tarik konsumen di segmen tersebut. Segmen SUV cukup menjanjikan bagi Eclipse Cross, tetapi persaingan di segmen tersebut juga cukup berat.

Mitsubishi Indonesia sudah memiliki beberapa model yang ada di segmen SUV, salah satunya Pajero Sport dan Outlander Sport. Entah bagaimana nantinya Eclipse Cross akan dimasukkan, apakah menjadi model baru atau menggantikan posisi Outlander Sport. Pasalnya penjualan Outlander terus menurun seiring dengan ketatnya persaingan.

Yang juga harus dipelajari yaitu mengenai spesifikasi yang sesuai dengan pasar otomotif Indonesia. Eclipse Cross memiliki mesin MIVEC 4B40 1.5L Turbo empat silinder, dan sistem penggeraknya menggunakan Super-All Wheel Control (S-AWC) dan 2WD. Bahkan Eclipse Cross sudah tersedia varian yang memiliki sunroof meski harganya agak mahal. Jika betul akan dijual di Indonesia, belum bisa dipastikan apakah beberapa fitur tersebut akan dihilangkan atau tidak.

Be the first to comment

Leave a Reply