Ban Michelin Khusus Trek Brno, Butuh Perhatian Lebih



RiderTua MotoGP –  Sirkuit Brno merupakan awal pembuka babak kedua musim ini. Tantangan buat pembalap dan menariknya juga tantangan bagi Michelin. Trek sepanjang 5,403 meter ini mempunyai karakter dengan ciri khas memberikan tekanan lebih pada ban akibat pengereman keras (hard braking), akselerasi kuat dan tikungan yang bisa dipacu dengan kecepatan penuh. Semua karakteristik ini harus diladeni pabrikan ban Michelin dengan mendatangkan ban yang harus bisa menjamin stabilitas dan kemampuan atau performa yang mumpuni. Singkat kata perlu ban Michelin khusus trek Brno ..

Manager Michelin Piero Taramasso Foto motogp com

Melihat kondisi ini teknisi Michelin memutuskan untuk membawa ban dalam tiga senyawa yaitu lunak, sedang dan keras ban dengan konstruksi depan simetris dan asimetris ke belakang. Trek Brno faktanya memang memiliki 6 tikungan kekiri dan 8 tikungan kanan. Sehingga sudah pasti dibutuhkan keseimbangan khusus antara kedua sisinya. Namun belokan kanan lebih panjang dan jauh lebih cepat dan memerlukan senyawa yang lebih keras di sisi itu.

Bos Michelin Piero Taramasso yang bertanggung jawab atas semua itu memberikan penjelasannya,

“Brno adalah trek yang sangat menuntut banyak persyaratan dan yang membutuhkan perhatian tinggi. Trek ini dibangun diatas daerah dengan kondisi lembah diantara perbukitan. Sehingga ada perubahan besar dalam ketinggian dan ini menjadikan kondisi pengereman yang benar-benar menantang untuk pembalap dan motor, jadi kita harus memiliki ban yang menjamin daya cengkeram dan stabilitas yang mendapat beban besar untuk memberikan kepercayaan kepada pengendara “.

Ban Khusus untuk akselerasi

Namun bukan hanya itu saja ban mendapat tekanan super berat saat motor berakselerasi. Demi alasan ini sangat penting untuk menyediakan ban yang ideal untuk menutupi kedua kondisi ekstrem itu. Micehlin untuk seri Brno kali ini yakin bahwa pilihan mereka mampu memenuhi kebutuhan kondisi ini. Dan yang memungkinkan pencapaian waktu lap yang baik. Memastikan pada waktu yang sama performa dan daya tahan untuk semua pembalap dalam 21 lap. Namun yang pasti Brno adalah trek yang membutuhkan perhatian khusus.

Be the first to comment

Leave a Reply