Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP Mobil Murah yang Dijual di Indonesia

datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra
(Foto: CarSpiritPK) datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra

RiderTua Mobil – Mobil murah atau bahasa bekennya mobil LCGC (Low Cost Green Car) adalah mobil yang paling difavoritkan oleh konsumen di Indonesia selain jenis MPV. Saat ini mobil murah tersebut semakin banyak pemainnya. Desainnya bagus dan harganya lebih ramah dikantong. Namun bagaimana sistem keamanan pada mobil-mobil murah ini ?Hasil uji tabrak ASEAN NCAP mobil murah yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Harga LCGC Semakin Mahal Perlukah Dibentuk Segmen Baru Mobil Murah ?

Hasil Tidak Memuaskan

Ada beberapa merek yang terjun di kelas mobil murah ini (dari segi harga sebenarnya sudah tidak murah lagi karena banyak yang sudah tembus diatas Rp 100 juta). Tapi ya sudahlah !Berikut beberapa mobil murah yang berhasil diuji tabrak oleh ASEAN NCAP :

Datsun Go

Mobil LCGC ini memperoleh 2 bintang di masing-masing kategori tes tabrak. Datsun Go mendapat poin hanya 6,82 dari 16 poin untuk proteksi penumpang dewasa dan untuk penumpang anak 46 persen. Namun untuk uji Side Impact Test, Datsun Go dinyatakan fail alias gagal. Unit yang menjadi bahan uji adalah Datsun Go lansiran tahun 2015 varian 1.2A M/T dan pengujian dilaksanakan pada September 2015.

Toyota Calya

Mobil LCGC yang sanggup ditumpangi hingga 7 orang ini memperoleh hasil yang bagus, Calya berhasil meraih 4 bintang. Proteksi untuk penumpang dewasa meraih 12,93 poin dari 16 poin sementara untuk penumpang anak meraih 73 persen dari 100 persen. Sedangkan untuk Side Impact Test, Calya berhasil lolos. Pengujian pada Calya dilakukan pada September 2016.

Daihatsu Sigra

Kembaran Toyota Calya ini hanya memperoleh 2 bintang. Perlindungan untuk penumpang dewasa meraih 6,82 poin sedangkan untuk penumpang anak meraih 46 persen. Namun untuk Side Impact Test, Sigra berhasil lolos. Test uji tabrak ini dilakukan pada Oktober 2016.

Toyota Agya

Mobil murah muat 5 penumpang ini memperoleh 4 bintang, Proteksi untuk penumpang dewasa meraih 12,84 poin dan untuk penumpang anak meraih 82 persen. Agya juga lolos uji tes impact dari samping. Pengujian dilakukan pada September 2015.

Daihatsu Ayla

Kembaran Agya ini tak seberuntung saudara kembarnya itu. Doi hanya memperoleh 1 bintang. Proteksi untuk penumpang dewasa meraih 5,56 poin sementara untuk penumpang anak meraih 47 persen saja. Meski begitu doi lolos uji tes tabrak dari samping. Tes dilakukan pada September 2015.

Renault Kwid

Mobil yang didatangkan secara CBU dari India ini tidak memperoleh bintang sama sekali. Perlindungan untuk penumpang dewasa meraih 10,12 poin dari 36 poin dan untuk penumpang anak meraih 14,56 poin dari 49 poin.

Be the first to comment

Leave a Reply