Alasan Xpander Berhasil Digulingkan Avanza dan Calya


ktm indonesia

Avanza vs xpander
Avanza vs xpander

RiderTua mobil – Hasil penjualan di bulan Juni kemarin mengejutkan. Bagaimana tidak, Xpander yang selama ini selalu menduduki peringkat pertama harus tersingkir oleh Avanza dan Calya. Sepertinya kedua mobil andalan Toyota ini sudah menemukan kembali moment tepat untuk kembali lagi ke peringkat puncak. Alasan Xpander berhasil digulingkan Avanza dan Calya.

Baca juga: Toyota Jangan Puas Dulu Avanza Berhasil Puncaki Penjualan

Gara-gara Libur Lebaran

Avanza dikenal sebagai Raja yang selalu menduduki posisi pertama di segmen LMPV. Sementara Calya bersama kembarannya Sigra menjadi pemimpin pasar LCGC. Namun sejak Xpander dan mobil baru lainnya hadir, posisi keduanya sudah mulai tergoyahkan.

Kemudian di bulan Februari kemarin, Xpander mampu menyalip Avanza setelah sekian lama menguasai pasar LMPV. Namun itu tidak bertahan lama, hingga di bulan Juni ini Xpander sudah disalip balik oleh Avanza, bahkan Calya juga ikut-ikutan. Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Bulan Juni merupakan bulan yang memiliki hari libur paling banyak dan bertepatan dengan lebaran. Akibatnya ini berdampak pada penjualan mobil yang menurun. Meskipun begitu, masih ada konsumen yang mencari mobil baru untuk pergi mudik. Selain segmen LMPV, LCGC juga paling banyak dicari sehingga itulah mengapa Calya juga mampu menyalip Xpander. Hal ini bisa dilihat, mobil LCGC selain Calya juga laris dibeli.

Kenapa Avanza bisa kembali merebut posisi puncak ? Tenyata ini mungkin ada hubungannya dengan status Xpander yang masih inden. Sudah hampir setahun ini Mitsubishi terus berupaya untuk memenuhi semua inden panjang dari konsumen. Termasuk untuk memastikan agar konsumen tidak lari ke merek lain karena terkendala antrian inden yang terlalu lama.

Namun apa daya, bagi konsumen yang membutuhkan mobil baru saat itu juga (moment lebaran) jelas tidak bisa memilih Xpander. Beli tidak bisa langsung bawa pulang, harus nunggu hingga 3 bulan. Ini beda sama Avanza yang stoknya banyak. Jadi tak heran selama libur lebaran Avanza-lah yang terlaris.

Tetapi setelah melewati liburan selama sebulan ini, mampukah Xpander kembali ‘membalas balik’ Avanza?

Be the first to comment

Leave a Reply