Mobil Matik Lebih Laris Dibanding Manual


ktm indonesia

tuas-transmisi-pada-mobil-matik
tuas-transmisi-pada-mobil-matik

RiderTua Mobil – Saat ini sudah banyak mobil yang tersedia di pasaran dengan berbagai jenis dan pilihan. Dari macem-macem segmen, mesin sampai transmisi yang digunakan semua tinggal pilih. Di Indonesia jika mobil paling laris diburu konsumen adalah jenis MPV maka kalau mengenai transmisi, matik-lah juaranya. Kenapa lebih laku daripada manual? Mobil matik lebih laris dibanding manual.

Baca juga: Lebih Enak Mana Merawat Mobil Manual Sama Mobil Matik?

MPV Matik Lebih Laris

Kebanyakan penjualan MPV saat ini memang didominasi varian matik. Seperti Avanza, Xenia, Mobilio, dan terutama Ertiga. Untuk versi anyarnya, sebagian inden didominasi oleh transmisi otomatis. Namun sayang Confero belum memiliki varian matik sehingga belum selaris rivalnya.

Lalu mengapa transmisi matik lebih digemari daripada manual? Varian tersebut memang banyak ditemukan di kota-kota besar. Biasanya masyarakat perkotaan selalu akrab dengan yang namanya macet. Agar kaki tidak merasa pegal injak pedal apalagi saat bermacet-macet ria. Inilah salah satu alasan mobil matik paling diminati. Tinggal gas-rem, tak perlu repot pindah-pindah gigi.

Sementara mobil manual laris di kota kecil karena kemacetan disana tidak terlalu parah. Tetapi memang setelah mengemudi dalam waktu lama, kaki akan terasa pegal karena harus berpindah gigi saat berakselerasi. Dulu orang beranggapan mobil manual lebih bertenaga saat dibawa melaju kencang (bukan ngebut-ngebutan lho) daripada matik.

Dimana saat itu mobil matik diremehkan karena berbagai alasan. Seperti boros bahan bakar, jika servis biayanya mahal ataupun susah menjualnya kembali. Itu dulu, sekarang teknologi mesin sudah ditingkatkan sehingga mobil matik lebih hemat bahan bakar. Walaupun harganya lebih mahal daripada mobil manual, ternyata sudah banyak konsumen yang menyukai mobil matik.

Be the first to comment

Leave a Reply