Mobil MPV Masih Difavoritkan Keluarga Indonesia



deretan low mpv

RiderTua mobil – Kemarin merupakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dirayakan setiap tanggal 29 Juni. Namun berbicara tentang keluarga mungkin ada satu atau lebih dari jenis mobil yang mampu memuat satu keluarga. Di Indonesia, mobil yang dimaksud adalah jenis MPV. Mobil MPV masih difavoritkan keluarga Indonesia.

Baca juga: Tren Segmen MPV Naik, Segmen Lainnya Malah Keok?

Mobil yang Bisa Muat Banyak

MPV memang banyak jenisnya ada low, medium, dan big. Selain itu, MPV menjadi mobil yang paling sering terlihat di jalanan. Segmen ini sudah lama diminati konsumen Indonesia, dan paling populer dibanding segmen lainnya seperti SUV dan LCGC.

Dari sekian banyaknya model MPV, setidaknya ada 10 mobil MPV yang paling banyak diincar konsumen Indonesia. Salah satunya yaitu Avanza yang sudah menjadi pemimpin segmen LMPV selama bertahun-tahun. Namun tahtanya sudah digeser oleh Xpander selama beberapa bulan. Toyota dikabarkan tengah menyiapkan penyegaran untuk LMPV andalannya ini, namun baru diumumkan setelah Pilpres 2019.

Kemudian ada saudaranya Kijang Innova atau lebih simpel disebut Innova. Versi modern dari Kijang ini masih bertahan sampai sekarang walau dirilis sekitar tahun 80-an. Kemudian Daihatsu punya saudara kembar Avanza, Xenia. Walau penjualannya disalip Sigra, Xenia tetap diandalkan Daihatsu.

Sementara itu Suzuki memiliki Ertiga. Di IIMS 2018 baru dikenalkan facelift-nya yang ternyata mampu menarik banyak perhatian konsumen. Honda memiliki jagoan di segmen sejuta umat, yaitu Mobilio. Nissan Livina juga memiliki banyak peminatnya, walau tidak sebanyak rivalnya. Penjualan ketiganya memang tidak terlalu tinggi, tetapi masih diandalkan sampai sekarang.

Mobil baru seperti Xpander memiliki pengaruh kuat di awal peluncurannya. Mengusung kesan ‘MPV rasa SUV’, banyak konsumen yang berebut ingin memilikinya. Produsen pendatang baru Wuling memiliki dua MPV, Confero dan Cortez. Karena memiliki kualitas yang bagus dengan harga murah, membuat kedua model ini bisa bersaing dengan baik di Indonesia.



Be the first to comment

Leave a Reply