Categories: MotoGP

Misteri Mapping 3 Petrucci di Mugello, Kasih Podium Valentino Rossi ?


RiderTua MotoGP –  Lagi ramai di media sosial tentang isu Mapping3. Infonya kode itu adalah untuk kasih jalan dan podium-3 buat Valentino Rossi benarkah demikian..? Jika kita melihat tayangan mulai lap ke 14 hingga 17 maka kita akan mengetahui proses MAPPING3 itu. Gambar atas menunjukkan kondisi dimana perintah Map 3 itu belum dilaksanakan oleh pembalap. Posisinya adalah Petrucci- Rins – Rossi-Iannone. Berikut penjelasan misteri Mapping 3 Petrucci di Mugello, kasih podium Valentino Rossi kah ?

Di potongan gambar berikutnya kita akan melihat perintah Mapping3 itu turun ke pembalap atas perintah tim posisi berubah menjadi Petrucci-Rossi-Iannone-Rins . Pastinya perintah ini tidak langsung berefek ke posisi rider.

Gambar ketiga ini kita akan melihat hasil dari mapping 3 yaitu posisi berubah Rossi – Petrucci-Iannone- Rins. Apakah ini team order untuk mengalah dari Rossi ? Dalam kasus tertentu Mapping 8 pernah populer setelah menjadi “Team Order” pada balapan MotoGP Malaysia antara Dovi dan Lorenzo. Namun apakah relevan dengan Mapping 3 Mugello ?

  • Memang faktanya Ducati adalah Italia dan Rossi pun jua… Namun secara tim tidak masuk akal jika Petrucci (Ducati) diutus mengalah untuk Rossi (Yamaha).
  • Yang mendapat perintah Mapping 3 bukan hanya Petrucci namun Alex Rins. Apakah dia disuruh mengalah juga untuk Iannone, pembalap yang tahun depan akan pindah tim ?
  • Keputusan mapping pastinya berdasarkan pengamatan tim di paddock dan perintah ini tidak sembarangan karena punya resiko terhadap posisi pembalap. Mungkin peringatan bagi tim bahwa kemampuan motor sudah mencapai limitnya jika dipaksa bisa jatuh (mungkin). Atau berhubungan dengan sisa bahan bakar seperti kasus Zarco yang kehabisan bensin.
  • Ada pula perintah mapping karena perubahan kondisi setingan selama balapan berlangsung seperti adanya indikasi banyak spin pada roda. Karena degradasi ban yang signifikan dan masih menyisakan beberapa lap maka pembalap diperintahkan untuk lebih menghemat ban agar aman dan bisa finish salah satunya adalah dengan merubah mapping secara manual tadi ( sumber: TMCblog)

Apa Mapping 3 atau mapping 8 ?

Mapping 3 atau mapping 8 seperti dilansir media AS.com, adalah merupakan pesan yang sama seperti digunakan di ajang balap Formula One atau balap yang lain. Mapping bertujuan untuk mengontrol pengelolaan mesin. Secara mudahnya adalah menambah atau  mengurangi sedikit power motor dan efeknya bermacam seperti mengurangi konsumsi (hemat bensin) atau kombinasi teknis lainnya (hemat ban). Penentuan ini berdasarkan banyak faktor antara lain performa motor setelah menempuh beberapa lap. Tentunya perubahan ini sudah disepakati dan diketahui bersama oleh tim di paddock dan rider, mapping berapa yang cocok dengan kondisi balapan  pada saat itu.

Jadi memang ada mapping itu untuk kepentingan team order tapi jika untuk mengalah dengan tim lain itu adalah omong kosong.. Pasti Sponsor akan marah besar jika tim yang dibayar mahal tapi memenangkan sponsor lain… Piye to mas.

Hasil Race Mugello 2018

This post was last modified on 5 Juni 2018 22:49

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Miguel Oliveira : Cara Menyalip Marc Marquez Membahayakan Rider Lain

RiderTua.com - Setelah Jorge Martin (Pramac Ducati) crash, Miguel Oliveira sempat berada di posisi ke-6 pada race hari Minggu di Jerez.…

1 Mei 2024

Wuling Membuka Pemesanan Cloud EV di Indonesia!

RiderTua.com - Wuling telah menampilkan mobil listrik ketiganya di Indonesia, yaitu Cloud EV. Hanya saja tidak seperti Air EV dan…

1 Mei 2024

Chery Umumkan Recall Omoda E5… di Malaysia

RiderTua.com - Chery Omoda E5 (atau hanya dikenal sebagai Omoda E5) kini dijual di sejumlah negara di seluruh dunia, tak…

1 Mei 2024

Mitsubishi Mulai Daftarkan Xpander HEV di Indonesia?

RiderTua.com - Mitsubishi telah meluncurkan varian ramah lingkungan dari Xpander, baik model low MPV maupun low SUV di Thailand beberapa…

1 Mei 2024

Aleix Espargaro : Bereksperimen Menyesuaikan Posisi Tubuh di Atas Motor

RiderTua.com - Aleix Espargaro menjalani balapan yang mengecewakan di Jerez. Usai tes resmi hari Senin, rider Aprilia itu bercerita mengenai detail…

1 Mei 2024

Chery akan Percepat Peluncuran Jaecoo di Indonesia

RiderTua.com - Chery telah menyiapkan satu merek baru untuk dihadirkan di Indonesia, yaitu Jaecoo. Meski Omoda sebenarnya merupakan merek terpisah…

1 Mei 2024