PCX Menjadi Motor Skutik Hybrid Pertama di Dunia

Honda PCX Hybrid
Honda PCX Hybrid

RiderTua Motor – PT. Astra Honda Motor (AHM) baru saja mendapatkan Sertifikat Uji Tipe untuk PCX Hybrid. Dengan ini produksi motor skutik bongsor ini bisa segera dimulai. Otomatis PCX menjadi motor skutik hybrid pertama di dunia.

Baca juga: Honda Bernafsu Sikat NMax.. Seperti Yang Sudah-Sudah… PCX Patut Diperhitungkan !

Skutik Hybrid Pertama di Dunia?

PCX Hybrid disebut AHM sebagai motor skutik bongsor pertama di dunia yang menggunakan mesin hybrid. Jadi bisa dikatakan kalau Indonesia merupakan negara pertama yang bisa menjajal motor hybrid. Di seluruh dunia kebanyakan yang mengusung teknologi hybrid atau listrik adalah mobil atau truk. Sedangkan motor hybrid belum banyak beredar.

Teknologi hybrid yang terpasang pada PCX digunakan sebagai penambah akselerasi untuk meningkatkan performa berkendara. Selain itu hybrid juga bisa memaksimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar, walaupun meningkat sedikit dari versi standarnya. Memang tak banyak ubahan pada PCX hybrid, hanya sebatas pada pemasangan teknologi hybrid saja.

Sekedar informasi, PCX hybrid ini menggunakan mesin 149,3 cc namun ditambah komponen hybrid yaitu baterai aki 12V 3Ah, power drive unit (PDU), ACG starter & motor assist, down regulator, junction unit dan baterai lithium-ion.

Namun meskipun sudah mendapatkan sertifikatnya, belum dipastikan kapan tepatnya AHM bisa memulai produksi PCX Hybrid. Tetapi mengingat pernyataan resmi menyebut kalau produksinya paling cepat dilakukan pada semester kedua tahun ini, artinya kemungkinan pada bulan Juni sudah bisa dilakukan.

Yohannes Loman selaku Executive Vice President Director PT. AHM mengatakan

“Kita boleh bangga hati, bahwa kita yang pertama di dunia.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*