Penjualan Datsun Cross Anjlok di Bulan April



datsun cross 2018
(Foto: KompasOtomotif) datsun cross 2018

RiderTua Mobil – Sebelumnya Datsun sempat mengenalkan varian terbaru selain Go+ dan Go+ Panca, yaitu Cross. Kemudian beberapa waktu yang lalu juga dirilis GO bertransmisi otomatis CVT. Datsun berharap dengan kehadiran mobil barunya ini bisa menggenjot penjualannya. Namun hasil penjualan pada bulan April lalu tidak sesuai dengan ekspektasi. Penjualan Datsun Cross anjlok di bulan April.

Baca juga: Datsun Cross Bukanlah Sekedar Mobil Murahan

Kalah Saing dengan Rival

Data wholesales Gaikindo sudah dirilis. Di bulan April 2018 lalu, Cross hanya bisa terjual hingga 13 unit saja. Ini sangat mengejutkan. Kelihatannya segmen city car crossover yang dijagokan Datsun tersebut masih keteteran menghadapi persaingan yang cukup ketat. Seperti ada Suzuki Ignis ataupun model lainnya yang diluncurkan lebih dulu sebelum Cross.

Ini berbeda jauh dengan penjualan pada bulan Maret yang mencapai 2.223 unit. Detailnya, versi manual terjual 784 unit dan versi CVT 1.439 unit. Sementara penjualan pada bulan April hanya didominasi tipe manual. Selain karena persaingan, sebab lainnya masih belum diketahui.

Cross pertama kali dikenalkan pada bulan Januari lalu. Saat itu banyak konsumen yang mulai tertarik ingin membelinya. Sejak diluncurkan hingga bulan Maret, penjualan Cross masih OK. Namun pada bulan April malah anjlok terjun payung.

Normalnya atau pada umumnya, tren mobil baru dapat menurun setelah dua atau tiga tahun sejak peluncuran pertama. Entah apa yang terjadi pada Datsun Cross ini. Padahal Cross adalah produk Datsun yang sudah tidak lagi menyandang status sebagai mobil LCGC (low cost green car/mobil murah ramah lingkungan).

Be the first to comment

Leave a Reply