Saat Euro 4 Belum Diterapkan, All New Ertiga Sudah ‘Curi Start’



all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua Mobil – Produsen mobil di Indonesia sedang sibuk mengurusi persiapan menyambut aturan regulasi Euro 4 yang akan dimulai bulan September nanti. Tetapi sudah ada beberapa mobil yang memiliki standar tersebut. Salah satunya All New Ertiga. Saat Euro 4 belum diterapkan, New Ertiga sudah ‘curi start’.

Baca juga: Standar Euro4, Gaikindo Ragu Bahan Bakar di Indonesia

Saat Euro 4 Belum Diterapkan, New Ertiga Sudah ‘Curi Start’

Mesin K15B berkapasitas 1.500cc ini dikatakan Suzuki sudah memenuhi standar Euro 4. Jadi tak masalah untuk Ertiga anyar jika menggunakan bensin ramah lingkungan seperti mungkin Pertamax Turbo atau sejenisnya. Sementara penggunan bensin selain itu masih bisa, tetapi mungkin bisa menurunkan performa mesinnya.

Suzuki memang melakukan ini agar nantinya saat New Ertiga akan diekspor ke luar negeri, tidak usah melakukan penyesuaian dulu pada mesinnya. Jadi bisa langsung diekspor tetapi mesti ada ubahan sedikit pada fiturnya. Ini dilakukan agar dapat memenuhi permintaan pasar dari luar negeri.

Mengenai peraturan standar Euro 4, pertama kalinya akan dikenalkan terlebih dahulu pada bulan Agustus saat pameran GIIAS 2018 berlangsung. Agar nantinya masyarakat Indonesia tidak kaget saat aturan tersebut sudah dirilis. Mobil bensin yang pertama kali mendapat aturan ini, kemudian disusul mobil diesel dimulai tanggal 10 Maret 2021. Meski terbilang masih lama, setidaknya itu bisa memberi waktu bagi produsen mobil untuk menyiapkan mobil diesel berstandar Euro 4.

Be the first to comment

Leave a Reply