Ini Motor Sport Produksi Massal Pertama di Dunia Yang Pakai Winglet, Cuma 100 Unit !



Aprilia RSV4 RF LE
Aprilia RSV4 RF LE

RiderTua Motor– Motor Sport Produksi Massal Pertama di Dunia Yang Pakai Winglet. Aprilia RSV4 RF merupakan salah satu motor 1000cc terbaik di pasaran saat ini. Dan berita bagusnya di Amerika akan ada 100 orang yang beruntung mendapatkan superbike V4. Kenapa beruntung, karena Aprilia akan menjual versi edisi terbatas dari RSV4 RF ke Amerika Utara. Adalah Aprilia RSV4 RF LE yang akan menjadi superbike produksi pertama dengan winglets.

Aprilia RSV4 RF LE terinspirasi dari proyek MotoGP Aprilia, di mana aerodinamika telah menjadi topik penting yang berhubungan dengan performa motor. Walau di MotoGP infonya akan dilarang namun untuk motor jalanan kenapa tidak?

Infonya Aprilia RSV4 LE baru akan diluncurkan meluncurkan di Austin, Texas. Di mana Grand Prix of the Americas akan berlangsung akhir pekan ini.

Walau sejatinya ini bukan RSV4 pertama yang memiliki winglets, karena motor buatan pabrikan Aprilia RSV4 R FW-GP dengan power 250hp juga bisa dipasang sayap serupa. Perangkat aerodinamis ini bisa dipasang jika pemiliknya berkeinginan memiliki winglet di motornya tentunya dengan biaya tambahan.  Namun demikian untuk desain sayap versi produksi akan berbeda untuk Aprilia RSV4 RF LE, karena ini model baru untuk motor “produksi” pertama dari Aprilia dengan teknologi tersebut.

Homologasi Motor Superbike WSBK

Alasannya adalah adanya aturan World Superbike Championship baru-baru ini. Dimana adanya ketentuan yang akan memungkinkan produsen untuk memakai winglets, asalkan mereka gunakan sebagai standar pada mesin homologasi mereka.

Dengan jumlah hanya 125 unit sepeda yang akan dijual di Amerika Utara, dan kemungkinan lebih banyak di Eropa. Jumlah Unit yang harus di- homologasi tidak menjadi masalah bagi Aprilia. Dan jika di Aprilia memakai winglet pada varian produksinya maka di superbike kita bisa melihat part ini nempel di motor superbike ( WSBK)

Berikut 2018 Aprilia RSV4 RF dengan Factory Works kit ( bukan produksi massal)

2018 Aprilia RSV4 RF dengan Factory Works kit
2018 Aprilia RSV4 RF dengan Factory Works kit
2018 Aprilia RSV4 RF dengan Factory Works kit
2018 Aprilia RSV4 RF dengan Factory Works kit

 



2 Comments

    • mungkin, wingletnya mirip versi MotoGP( Aprilia RS-GP).. sedangkan Kawasaki ga punya motor MotoGP hehe 😀

Leave a Reply