Datsun Sambangi Pakistan untuk Perkuat Penjualan Global

kerjasama nissan dan ghandhara pakistan
(foto: CarSpiritPK) kerjasama nissan dan ghandhara pakistan

RiderTua.com – Sebagai salah satu divisi Nissan, Datsun semakin menguatkan diri agar bisa semakin dikenal di dunia. Setelah India dan Indonesia, Datsun mengumumkan akan menyambangi Pakistan dengan rencana pembangunan pabrik produksi di sana bersama mitranya, Ghandhara Nissan Ltd. Datsun sambangi Pakistan untuk perkuat penjualan global.

Baca juga: Strategi Datsun Hadapi Persaingan dari Toyota-Daihatsu

Ekspansi ke Pakistan

Dengan dimulainya ekspansi ke Pakistan, Datsun menandatangani perjanjian manufaktur dan pemberian lisensi ke mitranya agar Datsun bisa diproduksi secara lokal. Tak hanya itu saja, distribusi untuk pemenuhan permintaan di Pakistan yang mencapai 200 unit per tahun akan sangat menguntungkan kedua aliansi ini.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi Nissan dalam memperkuat diri menghadapi persaingan di pasar global. Sekaligus diharapkan dapat membantu perekonomian disana dengan berkontribusi sebesar 4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Pakistan.

Pakistan terasa seperti negara yang kurang berpotensi bagi pasar otomotif global. Tetapi dengan penanganan baik dari produsen mobil maka bisa jadi perekonomian Pakistan akan membaik dari tahun ke tahun. Proses produksi Datsun baru akan dimulai pada tahun fisikal 2019, sementara Nissan dan Ghandhara bekerjasama mengembangkan fasilitas yang ada di Port Qasim, Karachi.

Tanggapan Ghandhara

Ahmed Kuli Khan Khattak selaku CEO Ghandhara mengatakan

“Perjanjian ini akan membawa fasilitas berkelas dunia dan teknologi manufaktur terbaik dari Jepang. Melalui produksi suku cadang dan komponen di Pakistan serta meningkatkan pengembangan industri pemasok komoditi otomotif, Nissan akan memberi Pakistan bantuan teknis dan mendukung kemitraan dengn Jepang”

Be the first to comment

Leave a Reply