Inilah Mobil yang Namanya Diambil dari Nama Hewan

0
Kijang buaya
Kijang buaya

RiderTua.com – Kalau membuat atau merancang mobil tentu harus punya nama agar dikenal masyarakat. Ada yang namanya dari singkatan kata, contohnya Ertiga yang seperti taglinenya, ‘lebih mengErTi keluarGa’ atau R3 (Row 3) karena punya 3 baris bangku. Ada juga menggunakan kode seperti i30. Dan ternyata banyak juga mobil yang menggunakan nama hewan. Inilah mobil yang namanya diambil dari nama hewan.

Baca juga: Unik Nama Merek Mobil Asal Cina Ini Mirip Donald Trump
daihatsu-zebra
daihatsu-zebra

Mobil Legendaris

Tapi tak sedikit juga produsen mobil menggunakan nama hewan untuk mobilnya. Memang terdengar aneh, tapi penggunaan nama hewan membuat nama modelnya semakin mudah dikenal banyak orang. Lalu mobil mana saja yang menggunakan nama hewan?

Dimulai dari model medium MPV legendaris di Indonesia, Toyota Kijang. Meskipun namanya diambil dari hewan bertanduk nan lincah ini, arti kijang sebenarnya singkatan dari ‘Kerjasama Indonesia-Jepang’. Nama buaya juga digunakan pada salah satu model Kijang karena ketika kap mobil dibuka akan terlihat seperti buaya yang membukakan mulutnya.

Selanjutnya masih medium MPV, ada Isuzu Panther. Mungkin kalau bertemu mobil Panther berwarna hitam pasti langsung memanggilnya ‘Black Panther’. Lalu bergeser ke Mitsubishi Kuda yang namanya diambil dari hewan perkasa ini. Sementara Daihatsu menamakan salah satu mobilnya dari ‘saudara’ kuda, yaitu Zebra. Namun dia tak dicat belang hitam putih seperti Zebra loh !

Nama hewan langka juga digunakan seperti pada mobil trail nasional Fin Komodo. Memang masih terdengar asing karena tergolong mobil yang dalam tahap pengembangan. Fin Komodo juga sering tampil di beberapa pameran otomotif. Penggunaan nama komodo mungkin untuk menampilkan ciri khas Indonesia mengingat binatang reptil ini hanya bisa ditemukan di Tanah Air.

Tak hanya mobil di Indonesia, di luar negeri ada mobil yang menggunakan nama hewan. Seperti sportcar Ford Mustang, namanya diambil dari kuda jenis mustang yang bisa ditemukan di wilayah Amerika bagian utara. Kemudian Volkswagen Beetle yang namanya berarti kumbang, malah di Indonesia sering dipanggil VW Kodok karena modelnya unik.

porsche macan GTS
porsche macan GTS

Terakhir ada sportcar SUV Porsche Macan. Kita patut bangga karena produsen mobil kelas premium itu memberi nama salah satu produknya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Memang namanya diambil dari hewan buas ini, tetapi mungkin ada yang heran mengapa tidak menggunakan nama Tiger daripada Macan (bahasa Indonesia-nya). Pengucapan Macan ternyata berbeda oleh orang luar negeri. Mereka malah mengucapkan ‘Makan’ bukan Macan, karena huruf c dibaca k.

Leave a Reply