Categories: MotoGP

10 Fakta Baju Balap Marquez, Nomor 5 Tahan Bom ?


RiderTua MotoGP – Baju balap atau racing suit merupakan bagian penting dan salah satu “nyawa” rider. Perlengkapan wajib yang selalu melindungi saat pembalap crash. Seberapa kuat sih baju balap Alpinestars Marquez dan bagaimana perlakuannya setelah balapan?. Berikut 10 fakta baju balap Marquez, seperti dilansir situs resmi boxrepsol.com.

1.Buatan Tangan

dengan pertimbangan agar baju balap pas dengan pembalap dan nyaman dipakai. Maka baju balap dibuat dengan pengukuran yang tepat dan presisi tentunya dengan tenaga yang berpengalaman. Selain memberikan kenyamanan saat geber motor balap juga memberikan perlindungan maksimal atau tidak bergeser jika jatuh.

2. Terdiri dari 13 bagian

Pakaian balap yang dipakai oleh Marc Marquez terbuat dari 13 potong kulit. Potongan itu kemudian dijahit bersama dengan tangan.

3. Waktu pembuatan 7,5 Jam

Dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat baju balap hingga selesai adalah tujuh setengah jam untuk setiap setelan.

4. Airbag

Sesuai dengan regulasi dan tuntutan keselamatan maka semua baju balap kini dilengkapi dengan airbag yang canggih. Airbag memiliki dua inflator  dan mengembang selama lima detik setelah jatuh. Memiliki sensor yang sangat canggih yang dapat mendeteksi apakah pengendara berada di trek atau tidak. Tahu perbedaan antara jatuh dan nyaris jatuh. Airbag Ini aktif bahkan sebelum pengendara menyentuh aspal.

5. “Tahan Bom”

Baju balap tentunya sudah melalui pengujian agar kuat dengan benturan ketika seorang pengendara terjatuh. Bahan kulit juga diuji untuk menentukan ketangguhan dan ketahanan terhadap abrasi, serta kualitas jahitannya. Racing Suit ini juga memiliki enam buah bagian pelindung (protective pieces) yang menyelip ke dalam saku bagian dalam, dua untuk lengan, dua untuk kaki, satu untuk dada dan satu lagi untuk punggung. Mugkin karena kuatnya mereka mengatakan “tahan bom” atau “Bombproof” 

6. Kulit Kanguru

Bahan racing suit tentunya harus sangat kuat. Tahan terhadap gesekan aspal. Kulit kanguru dipercaya karena sangat kuat dan ringan.

7. Punya bengkel servis baju balap

Tentunya saat dipakai kadang alami kerusakan dan jika masih mungkin untuk diperbaiki maka mereka akan lakukan. Dan biasanya untuk urusan ini disediakan “bengkel” khusus pakaian yang bisa diperbaiki di paddock.

8. Ada 4 buah

Pemasok baju balap biasanya menyiapkan empat buah di setiap balapan. Ada kadang akhir pekan yang sangat tidak beruntung dengan seringnya  jatuh dan pakaian robek. Biasanya di trek yang licin, berdebu atau kurang grip butuh baju cadangan.

9. Spesifikasi Berbeda

Baju balap inipun memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung pada kebutuhan pengendara.

10. Baju balap bekas kemana?

Beberapa baju balap dapat digunakan kembali tetap dipakai. Tetapi biasanya, setelah mereka habis masa pakainya akan dipamerkan di museum, diberikan sebagai hadiah, atau dilelang untuk amal, dll.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, 14 pembalap yang lolos ke Q2.. Rider Moto3 'Alonso' terlihat…

26 April 2024

Pedro Acosta : Saya akan Mengikuti Dani Pedrosa Sepanjang Trek

RiderTua.com - Menjelang balapan MotoGP kandang pertamanya di Jerez, Pedro Acosta mengatakan, "Senang rasanya berada di sini untuk pertama kalinya sebagai…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez, membuat catatan waktu terbaik pada Latihan Bebas…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, Dalam sesi Latihan Bebas Moto2 Alonso Lopez mampu membuktikan menjadi…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap CFMoto Aspar Racing, David Alonso menjadi yang tercepat dalam Latihan Bebas…

26 April 2024