Awas, Bahaya Motor Skutik Jika Tidak Hati-Hati !



RiderTua Motor – Pastinya dalam setiap kemudahan ada pula resiko yang harus ditebus untuk sebuah motor skutik ( kopling otomatis). Sepeda motor dengan segala kemudahannya itu kini kian menjamur. Namun bila tidak waspada motor jenis ini menyimpan potensi bahaya. Merk apa saja sama seperti dalam ilustrasi berikut ini. Bahaya motor Skutik jika tidak hati-hati !

Tampak ada orang tua dengan anaknya yang masih balita ( bawah lima tahun). Diajak belanja ke sebuah mini market seperti orang kebanyakan anaknya dibonceng di depan. Kejadiannya berawal saat orang tadi mau menurunkan anaknya. Tanpa sepengetahuan dan perkiraan bapak tadi si anak ketika turun sambil berpegangan handle gas. Kontan karena si anak dalam posisi turun maka handle gas seperti diurut ( diputar) sehingga throttle gas membuka dan karena motor skutik maka spontan melaju tak terkendali.

Mesin Belum dimatikan

Mungkin kesalahan bapak ini adalah ketika menurunkan anak di saat parkir, mesin belum dimatikan. Atau karena buru-buru si anak ingin turun juga kemungkinan itu ada. Diluar bapak pengendara tadi yang salah atau tidak dari video tadi membuktikan bahwa potensi bahaya motor skutik itu ada. Bukan kita harus takut namun yang terpenting adalah selalu berhati-hati. Dan kejadian ini bisa menjadi perhatian buat kita agar tetap waspada apalagi membawa anak kecil di depan. Yang tidak paham resiko sebuah kendaraan bermotor.

 

8 Comments

  1. Saya pernah mau celaka gara gara memutar gas saat idling stop sedang berfungsi. Tidak sadar kalau sedang idling stop, begitu kepuntir….langsung lari tuh motor, untung masih punya reflek ngerem….

  2. Ya untung anaknya gak kenapa2, itu saja yang penting sisanya ya si bapak mesti lebih hati2. Juga pelajaran buat mini market agar menyediakan stopper di lahan parkirnya.

    • Ya, beda. motor bebek ada kemungkinan gigi dinetralkan, trs setiap gigi putaran mesinbeda. Kalo metik ngga, trs skali gas full tenaga mesin keluar.

    • emng lu lihat itu standar samping d turunin. lagian ntu motor honda vario 110 esp udh ada side stand switchnya. jd bkn matic jadul. B..D..

  3. makanya beli motor yg ada kopling manualnya donk.. aman sekali, gk akan ada kejadian kek gini lgi..

Leave a Reply