Ternyata Swing Arm Karbon Baru Honda RC213V Lebih Maknyus, Nih Penampakannya !



  RiderTua MotoGP – Teknologi MotoGP berkembang terus demi mencapai tingkatan tertinggi. Duo Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa gunakan lengan ayun atau swing arm berbahan serat karbon terbaru. Dimana ini adalah balapan pertama dengan komponen baru itu di MotoGP 2018. Tim HRC telah mengembangkan komponen baru itu sepanjang tes pra musim lalu. Dan pembalap utama mereka enggan memakainya dan lebih memilih uji yang lain. Namun tim “memaksa” keduanya memakai part itu di Qatar. Sementara Cal Crutchlow memakai aluminium swing arm. Dan ternyata Swing Arm Karbon baru Honda RC213V lebih maknyus

Fakta bahwa tim memaksanya adalah di sesi latihan bebas pertama hari Jumat, Dani Pedrosa bersikukuh bahwa mereka belum ada agenda untuk mencoba bagian baru selama latihan akhir pekan, apalagi menggunakannya untuk balapan hari Minggu.

“Pada saat ini (Jumat) kami tidak mencobanya, dan tidak ada rencana untuk menggunakannya. Ada beberapa perbedaan saat kita menggunakannya ( swing arm karbon) perasaan awal sangat berbeda. Tetapi ketika kita mulai memacu motor, pada akhirnya perasaan dengan motor akan sama namun dengan cara yang berbeda, sangat sulit untuk dijelaskan… Ini seperti gerakan yang serupa, tapi cara bergerak berbeda, dan reaksi dari throttle (gas). Dan daya cengkram ban sedikit berubah juga. Ada beberapa hal positif dan beberapa negatifnya, tapi saya pikir pengalaman kami dengan ( swing arm karbon) itu masih rendah. Untuk kedepannya ada baiknya untuk mengerjakan bagian itu.”

Namun tanpa diduga Pedrosa dan Marquez kemarin melesat dengan komponen Arm karbon di Qatar. Sementara itu pembalap Inggris Cal Crutchlow yang menggunakan mesin RC213V dengan spek yang sama tidak gunakan part itu. Dengan alasan mahal karena sering jatuhnya (crash) Cal Crutchlow saat balapan. Arm karbon ini sejatinya sudah digunakan oleh Ducati sejak 2009.

Efektivitas Swing Arm Karbon Lebih maknyus

Informasi yang masuk ke media motorcyclenews.com hari ini (20/03/18) menyebutkan bahwa komponen baru Honda mampu secara signifikan menjadi boster kecepatan RC213V. Memberikan konsistensi kecepatan dan lap time. Dan bisa jadi hanya masalah waktu saja Crutchlow juga akan diberikan part ini karena pada dasarnya dia dibawah kontrak HRC walau dengan livery LCR. Bahkan saat saat perkenalan RC213V Versi 2018 Cal Crutchlow yang diberi kehormatan untuk jajal pertama kali sebelum Dani dan Marquez mencobanya.

Hasil Race MotoGP Qatar 2018

Be the first to comment

Leave a Reply