Toyota Supra Tak Ada Transmisi Manual, Lho Kok Bisa ?



toyota GR Supra Racing concept 2018
(Foto: www.autocar.co.uk) toyota GR Supra Racing concept 2018

RiderTua.com – Toyota Supra terbaru menjadi sorotan publik di seluruh dunia. Kebangkitan Supra kembali ke dunia fana ini membuat pencinta mobil sport kencang bernafas lega. Kenapa ? Karena Supra sudah menjadi sedan sport legendaris selama beberapa tahun. Setelah sirna bak ditelan bumi, Toyota pun menghidupkannya lagi, tetapi dengan perubahan total baik pada eksterior maupun interior. Namun ada yang beda pada Supra terbaru ini, yaitu Toyota Supra tak ada transmisi manual. Mobil sport kok tak ada transmisi manual, aneh !

Baca juga: Toyota Supra Lahir Kembali Dengan Tampang Yang Lebih Keren

No Manual Transmission

Supra terbaru ini menggunakan mesin sejajar 6 silinder yang bisa mengeluarkan tenaga besar dan mampu melaju kencang. Sebuah mobil yang benar-benar bisa memacu adrenalin. Memang terlihat sangat menarik, namun kabar buruknya Supra hanya tersedia dengan transmisi matik. Tentu ini diluar dugaan mengingat Supra lawas menggunakan transmisi manual. Apa alasan Toyota melakukan hal ini?

Penciptaan kembali Supra salah satunya adalah karena permintaan konsumen penggila mobil sport legendaris Toyota itu. Hal ini sebenarnya juga merupakan hasil survei yang dilakukan Toyota terhadap konsumen dan pecinta sedan sport. Selain dari konsumen, budaya berkendara ‘jaman now’ sudah berbeda jauh dengan masa lalu. Dimana transmisi manual sangat diandalkan pada saat Supra berada di masa kejayaannya.

Supra dipamerkan untuk pertama kalinya di Geneva Motor Show, ketika dilihat bagian pedalnya, terlihat ada 3 pedal yang umumnya diterapkan pada mobil bertransmisi manual. Namun sebenarnya Supra terbaru ini menggunakan sequential gearbox spek balap, yaitu kopling hanya digunakan untuk melajukan mobil tanpa mengganti gigi.

Toyota baru akan memproduksi Supra terbaru tahun ini, dan baru akan dikirimkan ke konsumen yang sudah inden pada akhir tahun. Bagaimana, meski tanpa transmisi manual masih bisa diajak ngebut dan gak pake ribet oper-oper gigi lagi ! Mantab !!

Be the first to comment

Leave a Reply