Fairing Motor M1 Terbaru Menguntungkan Tubuh Rossi yang Tinggi ?

Rider MotoGP
Setelah dilarangnya winglet maka setiap tim berlomba untuk membuat solusi penambah downforce. Fungsi ini berkaitan erat dengan akselerasi motor saat dipacu. Dan dengan berbagai bentuk fairing ini akan berdampak beda untuk setiap tim. Bahkan untuk rider itu secara khusus. Tujuan dari aerofaring sejatinya adalah memanipulasi aliran udara agar sesuai dengan tujuannya. Dalam hal ini hambatan angin di manfaatkan untuk mencegah wheelie atau roda depan mengangkat saat akselerasi. Juga di trek tertentu sangat membantu kelincahan motor. Sekali lagi semua tergantung desain. Dan ini pastinya sangat rumit. Namun benarkan fairing motor M1 terbaru menguntungkan tubuh Rossi yang tinggi ?

Kecepatan Meningkat

Yamaha dengan yakin membawa desain fairing baru ke Sepang Malaysia. Dan di hari ke-2 juara dunia sembilan kali itupun merasa puas setelah mengujinya,

“Saya sangat menyukainya, ini akan mengurangi hembusan angin dengan baik. Ini sedikit lebih besar ( dibanding fairing lama) dan lebih protektif (melindungi) karena tinggi badan saya. Seolah-olah sayapnya justru membantu sebagai anti-wheelie dan membuat saya memiliki lebih banyak kontak dengan bagian depan. Dan kita nampaknya lebih cepat bahkan di straight (trek lurus panjang)”.

Demikian pula pengaruhnya untuk kecepatan motor sangat penting dan Rossi begitu menyukai fairing baru. Dengan fairing baru Rossi bisa memperbaiki kecepatan (pace) dan catatan waktu (lap time).

Tinggi Rossi

Dengan tinggi badan 182 cm dan ungkapan Rossi bahwa fairing baru “melindungi badannya dari terpaan angin, bisa jadi desain baru akan cocok buat Rossi. Apakah merugikan Vinales/ tentu saja tidak karena tinggi badan Vinales adalah 171 cm justru lebih tercover bukan..?  ( sumber: motogp.com)

Fairing Motor M1 Terbaru Menguntungkan Tubuh Rossi yang Tinggi

Be the first to comment

Leave a Reply