10 Motor Bebek Astrea Yang Pernah Ada di Hati.. !!

Mengenang masa lalu pada varian Honda Bebek Astrea. Salah satu yang paling dekat dihati adalah motor bebek selain harga terjangkau juga gak ribet seperti motor sport ber kopling. Pernah menjadi idola sarana transportasi. Kini bergeser ke arah kemudahan dan sebuah gengsi dan tren. Bebek yang dulu terbilang irit kini juga tergantikan oleh skutik yang juga tidak seboros yang disangka dan sebuah kompensasi dari kenyamanan cincay lah. Bebek yang dulu dijadikan kuda beban kini banyak yang memakai motor sport sebagai sarana transportasi kelas berat. Salah banyak varian yang ada di Honda bebek dengan label ASTRA menarik perhatian. Berikut 10 motor bebek Astrea yang pernah ada di hati.

1.Honda Astrea 700 ( 1981-1983)

Adalah versi pertama klan Astrea . Super Cup 70cc, Transmisi: 3 speed. Model transisi desain dari bebek retro (C50, C70) ke modern. Pernah punya motor ini. Nyaman dikelasnya paling tidak saat itu. Belajar pertama naik motor ya pakai ini.

2.Honda Astrea  800 ( 1983-1999)

Honda Astrea 800

Kubikasi 86 cc , Transmisi: 3 speed. Pengapian sudah CDI. Namun jika dibanding versi sebelumnya memang terbilang lebih “wah” kala itu. terlihat lebih panjang ( efek tempat duduk). Mesinnya halus sih. Soalnya tetangga juga punya seri ini..

3.Honda Astrea Star (1985)

Astrea Star

Pengapian CDI. Model penyempurnaan dan disesuaikan perkembangan jaman dan kompetitor.. Yang paling suka adalah model knalpotnya ( pada saat itu)

4.Honda Astrea Prima (1988)

Astrea Prima (1989)

Kubikasi 95 cc,  4-speed. top speed 120 km/jam. Untuk versi Prima ini juga minor change di sektor bodi. bagian yang paling mencolok adalah spakbor depan. Sekaligus Model akhir yang tidak memakai “tempat buku” di bagian depan.. atau jepitan belanjaan ya?

5.Honda Astrea Grand (1991)

Honda Astrea Grand 1997

Grand artinya besar. kembali Honda mengeluarklan model yang kalem membulat tidak seperti Prima dan Star.

6. Honda Astrea Supra(1997)

Astrea Supra

Power 7,2Hp @ 8000 rpm, torsi 7,2Nm @ 6000 rpm, Transmisi: 4 speed. Ini adalah generasi modern. Dan model masih “laku” sampai sekarang. Walau hanya berupa basic desain saja.

7. Honda Astrea Impressa (1997)

Astrea Impressa

Mungkin sama dengan jika kita melihat konsumen yang tidak mau “move on” dengan model lama. Honda membuat lagi Impressa ini. CLBK

8. Honda Astrea Supra X(2001)

Honda-Astrea-Supra-X-2004

Honda Astrea Supra pada 1997 Honda Supra X (Cakram) pada tahun 2001.  Supra V ( Tromol dan kopling manual) dan Supra XX ( Cakram dan Kopling manual). Sudah mulai mengarah ke bebek sport tapi tidak bisa melepas begitu saja image ‘irit’ dari Honda. Sehingga sport hanyalah merupakan image semata. La wong cc-nya juga tidak seperti motor balap saat ini 150 lah paling tidak 😀

9. Honda Astrea Legenda1 ( 2001-2003)

Seperti halnya Impressa ini adalah senjata pabrikan Jepang untuk meladeni ganasnya kompetitor di kelas bawah sekali.. dengan meminjam model pendahulunya dan disebut sebagai Legenda…

10. Honda Astrea Legenda2

Honda Astrea Legenda 2

Spesifikasi sang Legenda.

Mesin: 4-stroke.overhead camshaft; 1silinder Kapasitas: 97,1cc
Diameter x langkah: 50 x 49.5 mm
Rasio Kompresi: 9 : 1
Power:  7,3 Hp @ 8.000 rpm Pendingin udara
Transmisi:4-speed (N-1-2-3-4), rotary
Pengapian: CDI

Ada yang menarik dari desain varian bebek Astra ini dimana kesamaannya adalah adanya penutup rantai / ketengkas hampir di semua produk Astrea-nya … hampir… kenapa sekarang tidak pakai. Bisa jadi untuk menekan cost. Karena dengan ditutup sebagian juga masih aman.. Coba kalau motor sport dikasih penutup atau cover rantai.. piye jal ?
Dan siapa dari semua itu yang menjadi legenda… ?

Arti nama Astrea

Btw penamaan Astrea berasal dari mana ya?.. Apa karena Astra Honda padahal yang buat motor ini dulu adalah Federal Motor (sebelum Astra Honda Motor)… Ada yang tempe..? eh Tahu

 

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives