New Peel P50 Mobil Terkecil di Dunia, Mesin Honda, Harganya Berapa?

Peel P50 Mobil Terkecil di Dunia
Pertama melihat fotonya kesan yang kita tangkap adalah unik,lucu dan menggelikan. Desainnya memang bukan sebuah mobil yang futuristik. Jadi ingat mobil mainan atau kendaraan di tempat wahana wisata saja bentuknya. Ini adalah Peel P50 mobil terkecil di dunia. Mesin sepeda motor terlihat jelas dibawah pengendaranya.. Ini sepeda motor atawa mobil yaa .. 😀

Peel P50 Mobil Terkecil di Dunia
Credit : autocar.co.uk

Namun kesan orang di luar negeri ketika melihat mobil ini adalah sederhana, menawan namun ada juga yang bilang menggelikan.
Spesifikasinya adalah

  • Single-seat
  • Single silinder
  • Tiga Roda (Belakang satu)
  • 1 liter bensin untuk 47 km
  • Harga awal £199 setara dengan 3,7 juta
  • Harga versi terkini £ 14.879 atau setara 277 juta.
Credit : autocar.co.uk

Peel Engineering

Berbasis di London, Peel Engineering sudah membuat P50s sejak tahun 2011. Peel adalah tempat yang bersebelahan dengan pelabuhan sekitar Isle of Man. Peel Engineering adalah perusahaan spesialis GRP (glass-reinforced plastic) Yang memproduksi kapal boat, fairing sepeda motor seperti merk Norton dan BMW . Foundernya adalah Cyril Cannell, merancang P50 sebagai city car- single seater dengan speed 64 kpj. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1962 di ajang Earl’s Court Motor Show dengan satu roda didepan dan dua dibelakang ( kini dibalik).

Peel P50 Mobil Terkecil di Dunia
Credit : autocar.co.uk

Mesin DKW

Mesin gunakan merk DKW, 49cc, 2-stroke, penggerak roda belakang. Transmisi manual dengan 3-speed. Diproduksi massal pada tahun 1963. Kenyamanan sebuah mobil dan biaya operasional setara sepeda motor. Namun hanya dibuat 50 unit saja sebelum perusahaan itu berhenti dua tahun kemudian. Beberapa tahun berikutnya versi terbaru dibuat dan laku 15 unit per tahun.Konsumennya juga merambah luar Inggris salah satunya adalah pangeran Mahkota Dubai, yang membeli lima unit P50 dan lima Tridents.

Peel P50 Mobil Terkecil di Dunia
Credit : autocar.co.uk

Mesin Honda

Kini P50 dibekali dengan mesin Honda air-cooled, 4-stroke. Power 4.8bhp @ 10,000rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan transmisi CVT daa rantai. Lebih bagus dari yang aslinya dengan penambahan gigi mundur. P50 terkini ini dengan berat mobil 78kg mampu melaju dengan kecepatan 45 kpj.
Sejak tahun 2000an versi baru mobil tersebut lahir dengan lebih menyenangkan, ada versi listrik, gas dan versi hibrid.

sumber:  autocar.co.uk 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*