MotoGP Pertimbangkan Sirkuit Jalanan di Masa Depan

MotoGP Pertimbangkan Sirkuit Jalanan di Masa Depan
Ada wacana menarik dari penyelenggara balap roda dua kelas dewa MotoGP. Dimana mereka mempertimbangkan sirkuit jalanan untuk grand prix masa depan. Adalah CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta yang mengungkapkan perihal itu. Bahwasanya MotoGP sedang mengadakan evaluasi agar balapan bisa digelar di sirkuit yang sebagian treknya berada di pusat kota. MotoGP pertimbangkan sirkuit jalanan di masa depan ?

macau motorcycle grand prix

Sudah Dalam Pembahasan

Dilansir media berbahasa Spanyol, Ezpeleta menyatakan bahwa adanya perluasan dan sebuah proposal untuk mengadakan perlombaan dengan sebuah proyek yang mereka sebut “warm city” yang tidak mereka sebutkan nama kotanya sudah dalam pembahasan, dan dapat ditambahkan ke kalender grand prix yang semakin meningkat dari tahun ke tahun mendatang.

“Mungkin saja ada sirkuit dalam kota di MotoGP. Ada proyek nyata di ‘kota yang hangat‘. Secara teori, trek lurus utama (main straight) akan berada di jalan raya dan paddock akan menyatu dan diintegrasikan ke dalam pusat event. Selama sisa tahun ini semua balapan akan dilakukan pada akhir pekan dan akan ada banyak hal lainnya.” kata bos MotoGP itu.

Meskipun disiplin balap jalan raya (Road race) menggunakan jalan umum sebagai rutenya. Pada kenyataanya sirkuit jalan raya jarang ada di balap motor modern, kecuali seri superbike.
MotoGP telah menambahkan balapan Thailand ke jadwal musim 2018, dan Finlandia direncanakan akan bergabung pada kalender balap putaran ke- 20 di tahun 2019.

Uni Emirat Arab

Kedepan seluruh total balapan MotoGP tidak ada rencana untuk ditambah  hingga lebih dari 20 seri balap. Namun Ezpeleta menyatakan bahwa saat ini sudah masuk dalam daftar sekitar delapan negara yang menyatakan minat untuk menyelenggarakan balapan MotoGP. Tapi pastinya gelaran balap tidak bisa dilakukan setahun dengan 26 balapan.
Seperti diketahui bahwa rencana Dorna sudah membicarakan untuk gelar balapan di Meksiko. Namun kabar lain menyebutkan Uni Emirat Arab merupakan kandidat lain yang mungkin menjadi tuan rumah “Road Race MotoGP” itu… sebuah balapan di tengah kota yang ‘hangat’ ?

Macau Grand Prix

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*